Headline

Anjing Pelacak Temukan Obat Terlarang saat Razia THM

MAKASSAR, BKM — Razia tempat hiburan malam (THM) dilancarkan Direktorat Narkoba Polda Sulsel. Menariknya, bukan hanya personel kepolisian yang dilibatkan. Tapi juga anjing pelacak.
Pelibatan binatang yang memiliki penciuman tajam ini cukup membantu. Bahkan bisa mengungkap keberadaan barang bukti obat-obatan terlarang yang sengaja disembunyikan.
Razia Antik 2017 ini berlangsung, Minggu malam (16/4) pukul 23.30 Wita. Ada dua lokasi yang jadi sasaran. Masing-masing One-Up Kitchen & Bar di Jalan Pattimura serta Barcode Jalan Amanagappa.
Puluhan personel kepolisian, baik yang berpakaian seragam maupun dinas datang ke lokasi dengan membawa perlengkapan berupa alat tes urine. Begitu masuk, ruangan THM langsung diblokade sehingga tidak ada pengunjung yang bisa keluar.
Mereka kemudian dites urine. Sementara anjing pelacak juga melakukan tugasnya. Binatang yang dikontrol salah seorang polisi berpakaian seragam itu mengendus tiap sudut dalam ruangan. Alhasil, ditemukan barang bukti di sebuah ruangan yang jadi sasaran razia.
Dari hasil tes urine yang dilakukan, aparat mengamankan dua orang. Mereka positif menggunakan obat-obatan daftar G.
Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani menyebut kedua orang itu. Masing-masing Dadang Tika Priatna, warga BTN Bukit Hartaco Indah Blok 2H/12, Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya. Satu lainnya adalah Gatot Sarwo Sardadi Benny Liem, beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan km 13 Perumahan Griya Alam Permai Blok J No 21 Makassar. Ia bekerja di salah satu perusahaan rokok.
”Ada dua THM yang jadi sasaran razia. Di lokasi tersebut petugas langsung melakukan tes urine. Hasilnya, ada dua pengunjung yang terbukti menggunakan narkoba,” beber Dicky, Senin (17/4).
Selain keduanya, petugas juga mengamankan barang bukti berupa obat daftar G jenis somadril sebanyak enam butir. Ditemukan juga saset plastik berisi 14 biji obat daftar G jenis THD dan Tramado.
”Barang bukti yang disita di lokasi ditemukan anjing pelacak dalam kemasan plastik. Disembunyikan oleh pelaku saat di dalam ruangan. Keduanya kini diamankan di mapolda untuk pemeriksaan lebih lanjut,” terang Dicky. (ish/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top