Ratusan Lembar e-KTP Ditemukan di Tempat Sampah – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Ratusan Lembar e-KTP Ditemukan di Tempat Sampah

IST TEMUKAN e-KTP -- Aco Dg Ngalle, pemulung yang menemukan ratusan e-KTP ketika menunjukkan e-KTP yang dipungut dari tempat sampah di depan kantor bekas Rujab Sekkab Gowa yang selama ini digunakan berkantor sementara sejumlah SKPD termasuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa.

GOWA, BKM — Seorang pemulung bernama Aco Dg Ngalle (60) memungut ratusan lembar e-KTP di tempat sampah depan kantor bekas Rujab Sekkab Gowa. Selama ini kantor tersebut dijadikan sebagai kantor sementara beberapa SKPD.
Salah satu SKPD yang pernah menggunakan rujab itu untuk berkantor sementara yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sendiri sudah tiga pekan meninggalkan kantor sementara itu dan telah menempati gedung baru setelah hampir setahun dalam proses renovasi.
Namun adanya pemulung yang menemukan ratusan lembar kartu e-KTP di tempat sampah bekas kantor lama Dinas Dukcapil itu pada Sabtu (18/3) lalu, membuat sejumlah kalangan menilai SKPD yang menangani pembuatan e-KTP tersebut teledor. Karena membuang kartu identitas kependudukan di sembarang tempat.
Aco Dg Ngalle mengaku jika kartu e-KTP itu ditemukan berserakan di tempat sampah depan kantor bekas Rujab Sekkab. ”Saya dapat itu KTP pak di tempat sampah di depan kantor yang dulu menjadi kantor Dinas Capil Gowa. Jadi saya ambil dan bawa pulang,” aku Aco Dg Ngalle.
Ratusan KTP elektronik tersebut masih aktif hingga tahun 2018. Ada pula yang berlaku seumur hidup. Ratusan e-KTP tersebut berasal dari 18 kecamatan di Kabupaten Gowa. Bahkan ada juga berasal dari Kota Makassar, Kabupaten Bulukumba serta beberapa kabupaten dan kota di Sulsel.
Terkait hal itu, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa, H Ambo yang dikonfirmasi BKM via ponselnya, Minggu (19/3) siang, membantah pihaknya telah membuang e-KTP tersebut di tempat sampah.
”Itu tidak benar. Kami tidak pernah membuang arsip kependudukan apalagi e-KTP ke tempat sampah, baik tidak disengaja apalagi disengaja. Itu sama sekali tidak benar. Tapi kalau dibilang kita lupa mengambilnya, mungkin yah. Sebab kami memang baru saja meninggalkan kantor bekas Rujab itu. Dan kini kami telah menempati kantor baru di lokasi yang dulu (sedang direnovasi),” jelas Ambo.
Hal senada diutarakan Bagian Humas Dinas Dukcapil Gowa, Helmi Husain. Saat diklarifikasi via ponsel kemarin, Helmi menjelaskan, e-KTP tersebut tidak dibuang. Tapi pihaknya lupa membawanya saat pindah kantor dari kantor lama (bekas Rujab Sekkab) di Jl Andi Malombassang ke Jl Tumanurung,” kata Helmi Husain.
Untuk itu, pihaknya segera mengambil e-KTP yang ada pada pemulung itu untuk dimusnahkan. Ini untuk menghindari adanya penggunaan negatif. Misalnya dipergunakan untuk tidak kriminal. (sar/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top