Lahan Tidur Bentuk Karakter Petani Malas – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Lahan Tidur Bentuk Karakter Petani Malas

BARRU, BKM — Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman melakukan panen raya padi, Senin (20/3) di Kelurahan Sepe’e Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Amran disela-sela sambutannya meminta seluruh masyarakat untuk terus bekerja. Lahan tidak boleh dibiarkan tertidur.
Kalau ada lahan tidur, kata Amran itu akan membentuk karakter petani ‘ Kuttu’ ( malas). Makanya ayo kerja….kerja…. Kerja kalau mau menghasilkan yang banyak. Menteri Pertanian yang juga asli Bone ini didampingi beberapa Dirjen di Kementerian yang dipimpinnya, menyatakan” Kadis Pertanian Barru kami target untuk menanam jagung 5.000 hektar,” kata Amran.
Amran yang tidak pernah menduga dirinya akan menjadi Menteri di kabinet Jokowi-Jk karena dia bukan orang terkenal, mengungkapkan akan menggratiskan bibit jagung kalau Kadis Pertanian mampu mencapai apa yang kami targetkan. Sebagai langkah awal untuk meningkatkan produksi pertanian. Amran langsung menyumbangkan 10 traktor dan 10 pompa air.
Target lain yang diminta Menteri Pertanian, tercapai yakni semua sapi di Barru tahun ini harus bunting. Jika ini bisa dicapai, maka kami pemerintah pusat yang tanggung inseminasinya. Saat ini kata Amran, Presiden mengeluarkan Perpres tentang pembelian gabah dengan kadar air 25 persen, akan dibeli seharga Rp 3.750 perkilogram.
“Harga ini akan membahagiakan para petani,” kata Amran.
Tahun ini Kementan menargetkan akan mengekspor beras ke Malaysia antara 15 ribu hingga 50 ribu ton. Semua ini harus kita capai dengan bekerja maksimal. Tidak boleh lagi ada pihak petani dan pemerintah yang berpangku tangan dan bertolak pinggang. “Saya sudah mengunjungi beberapa negara Asia dan Erofa. Mereka (masyarakat) nya maju karena kuat bekerja dengan penuh spirit. Bedanya dengan masyarakat Indonesia karena kita kalah spirit saja,” jelasnya (udi/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top