Ini Prediksi Pasangan Cagub dan Cawagub – Berita Kota Makassar
Headline

Ini Prediksi Pasangan Cagub dan Cawagub

MAKASSAR, BKM — Pemilihan gubernur Sulawesi Selatan 2018 tinggal menghitung bulan. Tahapannya tidak lama lagi bergulir.
Seiring dengan waktu yang terus mendekat, kontestasi bakal calon, baik untuk posisi 01 maupun 02 mulai mengerucut. Ada yang menyebut pilgub mendatang akan diikuti tiga pasangan. Ada juga yang mengatakan empat pasangan. Bahkan sampai lima pasangan calon.
Nurmal Idrus dari Nurany Strategic, melihat jumlah pasangan cagub dan cawagub yang akan maju bertarung tergantung dari koalisi partai yang terbangun. Banyaknya pasangan akan ditentukan oleh besaran koalisi, serta kemungkinan adanya yang maju lewat jalur perseorangan.
“Jika ada satu pasangan calon yang membentuk koalisi besar lebih dari tiga fraksi, maka maksimal hanya akan diikuti tiga paslon. Namun jika koalisinya menyebar, maka bisa diikuti empat pasangan calon,” ujar Nurmal, kemarin.
Terkait peluang wakil, mantan ketua KPU Makassar ini menjawab diplomatis. Kata dia, paslon akan sangat dinamis dan berpotensi melahirkan banyak kejutan sebelum pendaftaran calon pada sekitar Februari 2018 mendatang.
“Hanya Nurdin Halid yang bisa mengontrol pasangan saat ini, karena tak tergantung dari partai politik pengusung. Calon lainnya tidak akan bebas menentukan pilihan pasangan, karena akan tersandera oleh koalisi parpol,” jelasnya.
Ditambahkan dia, figur 02 akan sangat ditentukan oleh kesepakatan koalisi parpol. Hal itu membuat seorang figur calon gubernur boleh jadi akan terpaksa berpasangan, meski sebenarnya dia tidak menginginkan.
Suwadi Idris Amir dari Indeks Politika Indonesia (IPI) lebih mengacu pada respon masyarakat terhadap para bacagub dan bakal cawagub yang beredar di media. Kemungkinan besar pilgub diikuti tiga hingga empat pasangan.
“Dan diantara sekian banyak figur yang ingin maju, empat nama paling menonjol dukungan electoralnya dan dijagokan hingga saat ini. Masing-masing Nurdin Abdullah, Ichsan Yasin Limpo, Agus Arifin Nu’mang dan Nurdin Halid,” ujar Suwadi.
Adapun potensi pasangan keempatnya, yakni Nurdin Abdullah bersama Ahmad Tanribali Lamo, Ichsan dengan kader Nasdem atau Gerindra. Sedangkan Agus potensi berpaket dengan kader Demokrat atau Gerindra. Adapun NH diprediksi berpasangan dengan Aziz Qahhar, atau malah dengan kader Golkar, seperti HM Roem.
”Dari analisa saya, fokus parpol cenderung mengarah pada empat figur tersebut. Sebab selain dukungan electoral yang bagus, keempatnya juga dikenal paling siap bertarung,” jelas Suwadi.
Pengamat politik dari UIN Alauddin Firdaus Muhmamad, juga memprediksi tiga hingga empat pasangan calon di pilgub Sulsel mendatang. Nama-nama yang beredar memungkinkan berpaket Ichsan Yasin Limpo dengan Rusdi Masse, Nurdin Halid dengan Aziz Qahhar atau HM Roem, Nurdin Abdullah dengan Ahmad Tanribali Lamo. Sementara Agus Arifin Nu’mang dan Abd Rivai Ras masih menjajaki pasangan masing-masing.
Ketua DPP Partai Hanura Bahar Ngitung mengaku bila pilgub mendatang tetap berpeluang diikuti lebih dari tiga calon. “Bisa lebih dari tiga calon yang akan berkompetisi,” ujar anggota DPD RI ini.
Terpisah, bakal calon gubernur Burhanuddin Andi kembali menegaskan kesiapannya untuk berkompetisi di pemilihan gubernur mendatang. Hanya saja, mantan Kapolda Sulsel ini masih tertutup bicara parpol yang akan menjadi kendaraan politiknya ke depan.
“Kalau soal parpol belum saatnya saya mempublikasikan. Contohnya, setiap hari saya bersama elit PDIP tapi tak pernah bicara politik,” ujar Burhanuddin Andi didampingi Dr Sudirman Numba di Warkop IDI, Panakkukang Makassar, Senin (20/3).
Terkait kesiapannya untuk bertarung dengan sedikit atau banyak pasangan calon, Bur menepisnya. “Jangan tanya soal itu. Pastimi yang mau maju akan siap berhadapan dengan siapa saja,” jelasnya. (rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top