Dewan Nilai Arsip Pemkot Lemah – Berita Kota Makassar
Metro

Dewan Nilai Arsip Pemkot Lemah

MAKASSAR, BKM– Masih banyaknya aset yang dikuasai pihak pengembang dan masyarakat, diakibatkan lemahnya pemerintah kota dalam urusan arsip.
Sekertaris Pansus pencarian fasum fasos DPRD Makassar, Basdir menegaskan, fasum fasos yang belum diserahkan oleh pihak pengembang akibat tidak adanya keseriusan dan ketegasan dari pemerintah kota.
“Kalau pemerintah kota tidak tegas dan tidak serius percuma pansus dibentuk, sebab percuma dewan berkoar koar sementara pemerintah kota tidak memiliki data lengkap terkait aset,” ujarnya saat di gedung DPRD Makassar, Senin (20/3).
Bahkan Legislator Fraksi Demokrat ini menuturkan, fasum-fasos pihak PT GMTD saat ini baru disetorkan sebanyak 37 persen dimana masih ada sisa 40 persen lagi yang belum disetorkan.
Begitupun dengan pihak Perumnas yang baru meyerahkan tiga tahap yang disedorkan ke pemerintah kota. Sisanya memang belum, karena disinyalir masih dalam tahap poses pembangunan.
Ketua Pansus Fasum-fasos DPRD Makassar, Wahab Tahir juga menuturkan, salah satu kelemahan pemerintah Kota sehingga banyak aset yang dimiliki pihak ketiga atau orang per orang adalah arsip pemkot yang lemah. Banyak aset yang tidak memiliki alas hak, sehingga dengan mudah pihak atau orang tertentu mengklaim lahan tersebut adalah milik mereka.
“Meski semua warga Makassar mengakui bahwa aset/lahan tersebut adalah fasum, jika pemkot tidak mampu membuktikan kepemilikan tersebut maka di pengadilantetap kita akan kalah,” tuturnya.
Selain itu ia berharap pemerintah kota setiap tahun mengalokasikan anggaran inventalisir aset melalui Bagian Peratanahan. (ita)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top