Pusat Bahasa UNM Beri Tips Ke Luar Negeri – Berita Kota Makassar
Metro

Pusat Bahasa UNM Beri Tips Ke Luar Negeri

MAKASSAR, BKM–Pusat Bahasa Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Workshop dan Simulasi IELTS di Gedung Pusat Bahasa Arab UNM pada Sabtu (18/3). Workshop dilaksanakan untuk memberikan tips mengerjakan soal IELTS.
IELTS adalah sistem tes bahasa inggris internasional. Tes bahasa inggris dengan pertaruhan tinggi yang paling populer di dunia. IELTS ini digunakan untuk tujuan kerja, belajar, dan migrasi. IELTS sendiri menjadi salah satu prasyarat untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri.
Kepala Pusat Bahasa UNM, Iskandar mengatakan, jika IELTS berbeda dengan TOEFL. Jika TOEFL hanya mengetes receptive skills, IELTS lebih kepada productive skills. Receptive skills sendiri meliputi kemampuan listening dan reading (mendengar dan membaca), sedangkan productive skills lebih dari itu. Selain listening dan reading, productive skills dalam tes IELTS meliputi speaking dan writing (berbicara dan menuis). “Jadi di IELTS ini akurasi mengukur kemampuan dalam bahasa inggris jelas lebih tinggi,” kata Iskandar.
Workshop menghadirkan tiga pemateri. Pemateri pertama dibawa langsung oleh Iskandar untuk menjelaskan gambaran umum tentang IELTS. Pemateri kedua dibawakan oleh Salah satu penerima Beasiswa Australia Award yang juga lulusan dari Victoria University Australia, Muhammad Sofyan. Muhammad Sofyan menjelaskan tentang tips mengerjakan listening dan reading.
Pemeteri ketiga dibawakan oleh salah satu penerima beasiswa LPDP yang juga lulusan dari University of Birmingham Inggris, Misnariah Idrus. Misnariah menjelaskan tentang tips mengerjakan speaking dan writing. Pemateri kedua dan ketiga sendiri adalah orang-orang yang pernah tes dan mendapat nilai yang memuaskan dari IELTS.
Iskandar mengimbau kepada semua masyarakat yang ingin mendapatkan beasiswa luar negeri, bisa datang ke Pusat Bahasa UNM untuk konsultasi. Berdasarkan dari pengalamannya, orang yang pernah mengikuti workshop semacam ini cenderung memiliki nilai yang bagus
Salah satu peserta yang ikut dalam workshop ini, Zahraini Fajri Nur mengatakan jika kegiatan ini sangat bagus. “Kagiatan ini memberikan kita semngat baru tentang tips mengerjakan soal IELTS. Sangat membantu bagi kami,” kata Zahraini. (nug/war/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top