PT Semen CONCH Barru Garap Hutan Rakyat – Berita Kota Makassar
Sulselbar

PT Semen CONCH Barru Garap Hutan Rakyat

BARRU, BKM — Rencana pembangunan pabrik semen milik PT Conch di Kelurahaan Sepe’e Kecamatan Barru, kembali memantik sorotan dari oara wakil rakyat. Pasalnya, lahan yang dibeli perusahaan asal Tiongkok tersebut diduga ada yang masuk kawasan hutan tanaman rakyat, yang tidak boleh dibeli oleh pihak perusahaan.
PT Semen Conch Barru diduga telah membeli lahan pabrik seluas 250 hektar dan bahan baku semen 1.000 hektar di Kelurahan Sepe’e.
Pembelian lahan tersebut mengundang reaksi keras dari anggota DPRD Barru Andi Haeruddin. Legislator Partai Demokrat ini saat dihubungi BKM, Minggu (19/3) menjelaskan dari 670 hektar hutan milik negara ada 66 hektar yang tidak bisa diperjualbelikan, karena ini masuk kawasan hutan tanaman rakyat(HTR).
“Hutan tersebut merupakan milik rakyat yang dipinjam pakaikan oleh pemerintah selama 60 tahun dan itu diperkuat dengan SK Bupati,” ujar Andi Haeruddin.
Pembelian lahan oleh PT Semen Conch Barru ilegal karena pihak kehutanan belum terbitkan izin. Dari 66 hektar kawasan HTR itu milik kelompok masyarakat dan mereka berhak mengelolah selama 60 tahun dan izin itu bisa diperpanjang lagi. “Penguasaan lahan oleh PT Conch akan terus kami kawal,” terangnya.
Sorotan serupa juga datang dari tokoh masyarakat Sepe’e Ilham. Mantan Kepala Lingkungan Sepe’e, secara terpisah mengungkapkan kawasan tanah yang dibeli PT Conch sudah mendekati kawasan hutan lindung di lokasi blok 6. Blok 4 dan 5 sudah dibeli PT Conch.
Makanya sebelum PT Conch sampai ke pintu kawasan hutan lindung,” Kami minta kepada warga, agar jalan itu dipagari dengan kawat berduri,” pungkas Ilham. (udi/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top