Sulselbar

Mahasiswa Papua Belajar Sagu di Lutra

MASAMBA, BKM — Mahasiswa asal Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua mendatangi Rumah Jabatan (Rujab) Camat Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Minggu (18/3) kemarin.
Kedatangan mahasiswa yang mengatasnamakan Akademi Komunitas Negeri Sorong Selatan (AKNESS) dalam rangka belajar terkait Budidaya Agroindustri dan Agrobisnis Sagu.
Turut mendampingi, Professor asal Jepang yakni, Prof Osozawa Katsuya dari Akademik Advisor JICA UNHAS, dan Helena, Koordinator Pengelola Kabupaten Sorong Selatan, serta Ketua Lembaga Kampung Sagu Luwu Utara, Askar.
Camat Malangke Barat, Sulpiadi mengatakan, kedatangan rombongan mahasiswa dari ujung timur nusantara itu untuk berkoordinasi dengan pihak pemerintah Kecamatan Malangke Barat.
Menurutnya, koordinasi yang dilakukan mahasiswa tersebut dalam rangka penyelesaian studi alias PKL tentang Budidaya Agroindustri dan Agrobisnis Sagu di Desa Pengkajoang, Kecamatan Malangke Barat.
“Mereka berkoordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan dalam rangka penyelesaian studi tentang budidaya sagu,” ungkap Sulpiadi usai menggelar pertemuan.
Sebelum rombongan studi sagu itu ke Malangke Barat, kata Sulpiadi, para Mahasiswa ini terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten, dengan menemui Kepala Bidang Pembangunan Manusia dan Masyarakat BAPPEDA, Saiful Amir, di Masamba.
“Sebelum ke sini, tentunya mereka berkoordinasi dengan Pemda Lutra melalui BAPPEDA, dan mereka sudah ketemu dengan pak Saiful kemarin,” ungkap Sulpiadi.
Ia menambahkan, studi mahasiswa tersebut rencananya akan berlangsung 15 hari kedepan dimulai pada tanggal 20 Maret hingga 3 April mendatang. Rencananya, kata Sulpiadi, akan diadakan penanaman sagu bersama mahasiswa bekerjasama dengan pemerintah daerah dan masyarakat Malangke Barat.
“Mereka studi di sini selama 15 hari, mereka juga akan melakukan penanaman sagu bersama dengan pemerindah dan masyarakat,” ungkap Sulpiadi. (alp/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top