Air Terjun Dijaga Wanita Berambut Panjang – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Air Terjun Dijaga Wanita Berambut Panjang

JADI DESTINASI -- Lokasi wisata Talondo Tallu yang konon kabarnya dijaga oleh seorang wanita berambut panjang hingga 35 km.

MAKALE, BKM — Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Tana Toraja Ny Rospita N Biringkanae bersama rombongan mengunjungi obyek wisata Talondo Tallu di Dusun Sanik Lembang Balepe kurang lebih 35 km dari Makale, Jumat (17/3).
Air terjun Talondo Tallu sumber airnya dari tiga sungai berbeda, tampak jernih dan memiliki cerita menarik. Konon kawasan ini dijaga seorang nenek perempuan Bungan (70), lebih dikenal Ne`Sewa atau Indo Talondo.
Indo Talondo pemangku adat Balepe, rambutnya kurang lebih 8 meter hingga sekarang terus dibiarkan sebab tidak bisa dipotong dengan gunting biasa.
Menurut cerita masyarakat setempat bila ada sesuatu yang akan terjadi pirasat Indo Talondo dirasakan dari rambutnya, dan tidak bisa semua pengunjung melihat penjaga wilayah, kecuali seizin dengan pemangku adat.
”Ke obyek wisata air terjun Talondo, masyarakat juga dilarang menggunakan pakaian hitam sesuai aturan pemangku adat,” ujar Kepala Lembang Balepe, Kalalembang kepada BKM kemarin.
Dijelaskan Kalalembang, diahir pekan banyak wisnus berlibur ke air terjun Talondo Tallu, hanya saja dikeluhkan mereka masih sekitar 2 km jalan tanah sehingga dimusim hujan susah dilewati kendaraan.
Bahkan sering pengunjung kendaraannya terjebak di lokasi wisata sebelum pulang terjadi hujan, apalagi wilayah Balepe curah hujannya tinggi karena kondis alamnya yang masih asri.
Untuk itu diharapkan Pemkab memberi perhatian infrastruktur jalan ke Talondo Tallu, apalagi sekitarnya masih ada air terjun Pakkara dan Tongkonan Tua berusia ratusan tahun.
Sementara Ny Rospita mengatakan obyek wisata alam air terjun Talondo Tallu wisata baru sudah di inventarisir sebab salah satu destinasi segera dilakukan pembenahan. (gus/C).

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top