Pilgub Terbuka 4 Pasangan – Berita Kota Makassar
Politik

Pilgub Terbuka 4 Pasangan

IST REKOMENDASI Ketua Golkar Sulsel transisi yang juga bakal calon Gubernur Sulsel Nurdin Halid memberi arahan jelang Musda Golkar Barru Jumat (17/3). Nurdin yang didampingi Pangerang Rahim menerima rekomendasi dari Pincam untuk maju di Pilgub 2018 mendatang.

MAKASSAR, BKM–Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel bisa saja diikuti tiga hingga empat pasangan calon. Namun semuanya tergantung koalisi partai politik yang terbangun. Hal tersebut dikemukakan pemerhati politik dari Nurany Strategic Nurmal Idrus, Jumat (17/3).
Menurut Nurmal, banyaknya pasangan akan ditentukan oleh besaran koalisi yang akan dibangun. “Jika ada satu pasangan calon yang membentuk koalisi besar lebih dari tiga fraksi, maka maksimal hanya akan diikuti tiga paslon, namun jika koalisinya menyebar, maka bisa diikuti empat pasangan calon”ujar Nurmal kemarin.
Terkait peluang wakil, mantan ketua KPU Makassar ini menilai pasangan calon akan sangat dinamis dan berpotensi melahirkan banyak kejutan sebelum pendaftaran calon pada sekitar Februari 2018 mendatang. “Hanya Nurdin Halid yang bisa mengontrol pasangan saat ini, karena tak tergantung dari partai politik pengusung. Calon lainnya tak akan bebas menentukan pilihan pasangan karena akan tersandera oleh koalisi parpol,”jelasnya.
Ditambahkan bila figur 02 akan sangat ditentukan oleh kesepakatan koalisi parpol dan itu membuat seorang figur calon gubernur boleh jadi akan terpaksa berpasangan, meski sebenarnya dia tidak menginginkan.
Pemerhati politik dari Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir mengaku melihat respon masyarakat terhadap para bacagub dan bakal cawagub yang beredar di media kemungkinan besar pilgub hanya di ikuti 3 hingga 4 pasangan. “Dan diantara sekian banyak figur yang ingin maju, empat nama paling menonjol dukungan electoralnya dan dijagokan hingga saat ini masing-masing Nurdin Abdullah, Ichsan Yasin Limpo, Agus Arifin Nu’mang dan Nurdin Halid,”ujar Suwadi.
Adapun potensi pasangan keempatnya yakni Nurdin Abdullah bersama Tanribali, Ichsan dengan kader Nasdem atau Gerindra, sedangkan Agus potensi berpaket dengan kader Demokrat atau Gerindra. Adapun NH potensi berpaket dengan Aziz Qahhar atau kader seperti HM Roem. Dari analisa saya fokus parpol cendrung mengarah pada empat figur tersebut, sebab selain dukungan electoral yang bagus, keempatnya juga dikenal paling siap bertarung,”jelas Suwadi.
Pengamat politik dari UIN Alauddin, Firdaus Muhmamad juga memprediksi tiga hingga empat pasangan calon di Pilgub Sulsel mendatang. Nama-nama yang beredar memungkinkan berpaket Ichsan Yasin Limpo dengan Rusdi Masse, Nurdin Halid dengan Aziz Qahhar dan HM Roem, Nurdin Abdullah dengan Ahmad Tanribali Lamo, sementara Agus Arifin Nu’mang dan Abd Rivai Ras masih menjajaki pasangan masing-masing.

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top