Uncategorized

Pemkab Komitmen Penuhi Hak Anak

GOWA, BKM — Pemkab Gowa telah berkomitmen menjadikan Kabupaten Gowa menjadi Kabupaten Layak Anak. Komitmen ini bukan hal baru. Sebab telah dicanangkan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sejak 17 Oktober 2016. Kini, komitmen itu ditindaklanjuti melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan(Musrenbang) Anak.
Musrenbang Anak yang diselenggarakan pada Rabu (15/3) di Baruga Karaeng Galesong Pemkab Gowa ini dibuka Bupati Adnan Purichta. Acara ini dihadiri ratusan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA.
Pada kesempatan itu, bupati menekankan kalau Musrenbang Anak adalah bukti komitmen Gowa terhadap pemenuhan hak anak. Kebijakan untuk perhatian terhadap kebutuhan anak telah dituangkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gowa tahun 2016-2021.
Tujuan yang ingin disasar dalam RPJMD ini, kata Adnan, yakni meningkatkan perlindungan anak, pengarusutamaan hak-hak anak, seperti akses, partisipasi, manfaat maupun kontrol dalam proses pembangunan termasuk kelompok disabilitas dan kelompok rentan lainnya. Komitmen ini sekaligus merespon kebijakan nasional.
Kepala Bappeda,Taufik Mursad, terkait penyelenggaraan Musrenbang Anak, mengatakan, pemenuhan hak anak wajib untuk didengar. Aspirasi anak-anak akan dituangkan dalam program pembangunan daerah. (sar/mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top