Headline

Dua Kubu Sepakat Tunggu Hasil Resmi KPU

TAKALAR, BKM — Hasil real count pemilihan bupati dan wakil bupati dirilis pada laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Kamis (16/2). Untuk sementara menempatkan pasangan Syamsari Kitta-H Ahmad Se’ re (SK-HD) unggul tipis atas pasangan Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng).
Hingga berita ini dibuat, telah diperoleh hasil dari 351 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di sembilan kecamatan. Untuk SK-HD sebesar 50,52 persen dengan jumlah suara 88.606. Sementara pasangan Bur-Nojeng mendapatkan 49,43 persen dengan 86.603 suara.
Meski sudah ada hasil real count yang dilansir dalam laman resmi KPU dari data C1 yang dikirim, namun kubu Bur-Nojeng mengaku pihaknya juga memiliki data yang mengunggulkan dirinya di pilbup Takalar.
“Sesuai fakta dan data dari 351 TPS yang disetor oleh tim relawan, kami menyatakan bahwa hasil perhitungan yang direkap, pasangan H Bur-H Nojeng unggul di pilkada Takalar. Karena itu, kepada semua pendukung dan simpatisan Bur-Nojeng diharapkan untuk tetap menunggu proses dan tahapan yang saat ini berlangsung di tingkat penyelenggara,” jelas Koordinator Tim Media Center Bur-Nojeng, H Nawir Rahman Lallo, Kamis (16/2).
Meski begitu, Nawir yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Takalar ini mempertanyakan indenpendensi dan netralitas KPU Takalar. Sebab telah mengeluarkan hasil perolehan suara yang dirilis langsung di portalnya.
“Seharusnya, KPU sebagai lembaga netral dalam pilkada tidak mengeluarkan hasil perolehan suara sebelum waktu yang telah ditetapkan. Ini bisa menciderai penyelenggara sebagai pihak yang independen. Ini tentu memantik reaksi kontra bagi masing-masing pendukung. Kami berharap proses dan tahapan pilkada ini berlangsung dengan baik dan elegan tanpa mengorbankan masyarakat Takalar,” ujar Nawir Rahman.
Sementara kubu SK-HD terus menggelar konvoi kemenangan, Kamis kemarin. Arak-arakan ribuan pendukung berlangsung di sepanjang jalan poros kota Takalar.
Massa pendukung SK-HD lalu berkumpul di kediaman mantan wakil bupati Takalar, Andi Makmur Saddda di Kelurahan Palleko, Kecamatan Polongbangkeng Utara.
Kepada BKM, Ahmad Dg Se’re meminta agar semua pendukungnya tetap menciptakan suasana yang aman dan damai sambil menunggu hasil resmi dari KPU.
“Tuhan mengabulkan doa kami demi Takalar yang baru dan sejahtera,” ujar H De’de, panggilan akrab Ahmad Dg Se’re.
Pascapencoblosan yang berlangsung 15 Februari, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono memantau langsung proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, Kamis (16/2)
“Kita dari kepolisian dan TNI memastikan bahwa semua tahapan berjalan lancar, aman, dan kondusif melalui peran petugas dan masyarakat,” ujarnya.
Dalam kunjungannya, Wakapolda mengimbau warga agar tetap menjaga situasi kondusif. Ia juga meminta simpatisan pasangan calon bupati dan wakil bupati Takalar tetap menunggu hasil perhitungan suara dari KPU Takalar.
“Hasil dari KPU itu yang kita tunggu. Karena hasil perhitungan itu akan menjadi pedoman kita,” jelas Gatot. (ira/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top