Metro

Disnaker Warning Perusahaan

MAKASSAR, BKM– Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar terus meningkatkan pengawasan dan mengontrol keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di perusahaan-perusahan yang ada di Kota Makassar.

Apalagi, keberadaan para TKA dari berbagai negara dengan jumlah 96 orang setiap tahun wajib melakukan perpanjangan masa kontrak yang diajukan pihak perusahaan ke Pemerintah Kota Makassar.
Menurut Kepala Disnaker Kota Makassar, A Irwan Bangsawan, awal masuknya tahun 2017 pihaknya terus melakukan pengawasan keberadaan TKA yang bernaung di perusahaan atau industri di Makassar.
Perusahaan berupa perhotelan dan penyedia jasa terdata memiliki cukup banyak TKA profesional. Untuk itu, Irwan meminta kepada pihak perusahaan agar memperhatikan masa kontrak para TKA untuk kenyamanan baik untuk TKA sendiri maupun kepentingan perusahaan yang menggunakan jasa TKA.
“Setiap tahun itu wajib perusahaan yang mempekerjakan TKA melakukan perpanjangan kontrak ke Disnaker Makassar. Kalau kami temukan ada perusahaan yang tidak memperpanjang masa kontrak keberadaan TKA di perusahaannya, maka tentu kami mengambil sikap. Ya’ sikapnya itu memberikan teguran tertulis dan kalau tidak diindahkan kita tutup perusahaan itu,” tegas Irwan kepada BKM, Kamis (16/2).
Irwan menambahkan, semua perusahaan-perusahaan baik lokal maupun yang berskala nasional dapat mempekerjakan TKA untuk membantu mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik. Hanya saja, untuk mempekerjakan TKA disuatu perusahaan harus mencari TKA yang profesional dan memiliki keterampilan untuk ditempatkan sebagai manajer ataupun tingkat direktur. Bukan dipekerjakan untuk pekerjaan kasar atau buruh.
Perusahaan yang ingin mempekerjakan TKA, lanjut Irwan, terlebih dulu harus menyelesaikan izin ke pusat yang kemudian izin dari pemerintah Kabupaten Kota di wilayah tempat perusahaan berada.
“Sejauh ini kami belum mendapat perusahan-perusahan yang melanggar terkait dengan keberadaan TKA. Meski begitu, kami tetap menghimbau dan mengingatkan perusahaan agar tidak mempekerjakan TKA lebih banyak ketimbang masyarakat lokal dan selalu memperpanjang masa kontrak TKA. Kalau itu dilanggar kita bisa tutup itu perusahaan berdasarkan regulasi yang ada,” pungkasnya. (arf)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top