Sulselbar

Urai Kemacetan, Satlantas Pasang CCTV

SIDRAP, BKM — Polisi Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Sidrap akan memasang Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa titik yang dianggap rawan macet di Kota Sidrap. Pemasangan CCTV diharapkan bisa membantu mengurai kemacetan.
Kasat Lantas Polres Sidrap, AKP Muhdar menyebut adanya sejumlah titik rawan macet di Kota Sidrap. Dengan adanya CCTV, diharapkan bisa mempermudah untuk mengetahui dimana terjadi kemacetan di kota itu.
“Sebentar lagi, suasana jalan-jalan di kota ini sudah bisa dipantau dari Traffic Management Center (TMC) yang ada Polres Sidrap. Nantinya kita bisa tahu kearah mana jalur macet tersebut akan dialihkan apabila terjadi,” kata Muhdar, Selasa, (14/2).
Selain rencana pemasangan CCTV di sejumlah titik rawan macet di Kota Sidrap, Muhdar juga mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan, Kesehatan, Jasa Raharja dan Satpol PP Kabupaten Sidrap.
Pertemuan lintas instansi itu, kata Muhdar, membahas beberapa hal, meliputi seputar kewenangan dalam melaksanakan pengawalan sesuai UU No 22/2009, pemasangan lampu sirene maupun isyarat serta terkait Inovasi baru pemecahan masalah kemacetan lalu lintas.
Muhdar menegaskan jika kewenangan melakukan pengawalan maupun penggunaaan lampu isyarat dan sirene kendaraan terdapat di kepolisian. Begitupun dalam penggunaan sirene maupun lampu isyarat, harus sesuai dengan aturan.
“Untuk lampu biru digunakan oleh kepolisian, merah oleh ambulance serta damkar dan kuning digunakan oleh kendaraan petugas di jaln tol. Sedangkan terkait inovasi dalam pemecahan masalah kemacetan yang terjadi Kota Sidrap itu, direncanakan untuk memasang CCTV,” katanya. (ady/’C).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top