Metro

Kejari Siap Gelar Jaksa Samboritta

ist Deddy Suwardy Surachman Kajari Makassar

MAKASSAR, BKM — Kejaksaan Negeri Makassar menyatakan siap menggelar dan mendukung pelaksanaan Program Jaksa Samboritta Jilid II. Apalagi, program tersebut secara langsung membantu program pemerintah dalam pembangunan, dengan cara Mengawal dan memberikan pengamanan terhadap pengelolaan serta penggunaan anggaran keuangan negara.
Program Jaksa Samboritta Jilid II akan mengikutkan 15 Kecamatan se Kota Makassar.
“Program jaksa Samboritta sangat membantu pemerintah dalam hal pencegahan dalam proses penggunaan dan pengelolaan keuangan negara,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Deddy Suwardy Surachman, Rabu (15/2).
Deddy mengaku telah siap turun bersama timnya memberikan sosialisasi dan penyuluhan hukum di 15 Kecamatan Kota Makassar. Sebab menurut dia dengan adanya kegiatan seperti itu, pihak Kejaksaan bisa saling bersinergi dengan pemerintah dalam hal menyukseskan pembangunan.
“Ini kan tujuannya untuk pembangunan, makanya kita akan bersama-sama dengan pemerintah akan bersinergi dalam menyukseskan pembangunan yang bebas korupsi dan Pungli,” cetusnya.
Hanya saja, jelas Deddy, sebelum melangkah lebih jauh, dia menunggu petunjuk dan arahan kembali dari Kejaksaan Tinggi Sulsel. “Kita tunggu dulu petunjuk dari Kejati Sulsel sebelum melaksanakannya. Apalagi, ini sudah masuk untuk program yang kedua,” tegasnya.
Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Seksi Intelejen Kejari Makassar, Alham. Alham mengatakan, Seksi Intelejen yang dipimpinnya siap ikut kembali dalam Program Jaksa Samboritta II. Termasuk melakukan pengawalan terhadap pembangunan bersama pemerintah, utamanya di 15 Kecamatan Kota Makassar.
“Kita akan turun untuk seluruh kecamatan, memberikan sosialisasi dan penyuluhan hukum. Kita tinggal tunggu petunjuk dari Kejati,” tandas Alham.
Hal ini kata dia, bertujuan untuk menghindari adanya indikasi mark up, double anggaran dan proyek fiktif, dalam mengelola serta menggunakan uang negara.
Dia juga berharap dengan adanya program Jaksa Samboritta ini, jangan lagi ada SKPD yang melakukan praktik pungli dalam pelaksanaan kegiatan barang dan jasa. “Makanya para Camat harus selalu taat dan sadar hukum. Serta bekerja berdasarkan SOP di instansi masing-masing,” imbuhnya.
Dia menghimbau bagi Kecamatan yang mengelola dan menggunakan anggaran, harus lebih cermat serta berhati-hati. Agar tidak terjadi penyimpangan yang bisa mengakibatkan kerugian negara. (mat)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top