Gaji Februari ASN Gowa Mandek Tiga Minggu – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Gaji Februari ASN Gowa Mandek Tiga Minggu

GOWA, BKM — Gegara penyesuaian struktur kelembagaan baru dalam lingkup Pemkab Gowa berjalan sejak Januari 2017 lalu, kini berdampak pada keterlambatan pembayaran gaji ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gowa.
Jika pada Januari lalu, para ASN baru bisa menerima gaji pada minggu kedua Januari, maka pada Pebruari ini beringsut memasuki minggu ketiga gaji belum juga terbayarkan. Akibatnya, para pegawai yang seharusnya sudah menerima gaji di minggu pertama bulan berjalan terpaksa gigit jari.
Kepala Badan Keuangan Daerah Pemkab Gowa, Abdul Karim Dania, saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (14/2), mengatakan, jika keterlambatan pembayaran gaji dikarenakan penyesuaian dengan data sejumlah ASN hasil pemetaan kelembagaan baru.
”Kemarin kan ada yang baru dilantik. Jadi harus penyesuaian dulu,” kata Karim.
Karena alasan itulah, kata Karim pihaknya sebagai aparat yang berwenang menangani soal gaji pegawai ini, harus menginput satu per satu nama pejabat yang baru bersama jajarannya ke bawah.
”Kita juga harus sesuaikan dengan jabatan baru mereka. Karena harus diberikan tunjangannya juga. Jadi kita tunggu pejabat ini masuk kemana, itu kita harus bayarkan tunjangan strukturalnya langsung. Jadi kalau tanya bagaimana gaji, yah baik-baik ji. Sebenarnya, tidak ada ji masalah. Cuma waktu pembayarannya saja,” kata mantan Sekretaris Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Gowa ini.
Untuk mempercepat proses itu, lanjut Karim, ia bersama stafnya harus bekerja maksimal menyelesaikan penginputan sejak Sabtu dan Minggu. ”Tugas penginputannya saja kita yang ambil alih. Kita yang kerjakan. Karena kalau mau menunggu dari setiap SKPD yang memasukkan sendiri, itu bisa memakan waktu lebih lama baru selesai. Biasanya penginputan masuk itu tanggal 20, jadi selesai pada kisaran tanggal 28-29 dan langsung tertransfer pada tanggal 1. Kita harus maksimal. Bahkan kerja Sabtu Minggu pun kita lakukan agar cepat selesai penginputannya,” kata Karim.
”Insya Allah pembayaran gaji pegawai akan mulai normal pada Maret mendatang,” terang Karim sembari semuanya akan normal kembali. Karena catatan data dan nama pejabat serta posisinya di SKPD dia bertugas jelas.
Meski sudah ada angin segar dari pihak badan bersangkutan yang menangani hal gaji ini, namun sejumlah pegawai bahkan pejabat tetap mengeluhkan waktu gaji dibayarkan. Pasalnya, menurut mereka, kebutuhan rumahtangga dan keluarga sudah sangat mendesak sementara gaji belum terbayarkan.
”Jangankan kebutuhan dapur mendesak, kami juga sudah terdesak membayarkan kredit-kredit kami. Apalagi sudah ada yang jatuh tempomi. Kena denda maki lagi,” jelas salah seorang pegawai di Pemkab Gowa. (sar/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top