Dishub Tunggu Kedatangan 30 Unit BRT – Berita Kota Makassar
Metro

Dishub Tunggu Kedatangan 30 Unit BRT

MAKASSAR, BKM — Bus Rapid Transit (BRT) merupakan salah satu moda transportasi angkutan darat yang ditawarkan sebagai salah satu alternatif yang nyaman.
Sejak beberapa tahun terakhir, Dinas Perhubungan Sulsel terus menggenjot dan menyiapkan semua fasilitas untuk pengoperasiannya.
Sejak tahun lalu, Dishub terus membangun halte BRT di tempat-tempat yang akan dilalui alat transportasi itu. Dishub sementara menggenjot pembangunan 63 halte untuk beberapa koridor yang akan dibuka.
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Ilyas Iskandar mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan permintaan unit BRT baru di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) . Dalam proposal yang diajukan, Dishub meminta 50 unit. Respon Kemenhub cukup baik. Namun belum mampu memenuhi seluruh permintaan Pemprov Sulsel.
“Kami sudah menyurat minta 50 unit BRT namun yang dijanjikan baru 30 unit. Realisasinya tinggal menunggu, ” kata Ilyas di Kantor Gubernur kemarin.
Ilyas mengatakan, disiapkan anggaran sekitar Rp9,7 miliar untuk pembangunan 63 halte baru tersebut. Rencananya, halte yang akan dibangun jenis portable.
Tambahan halte tersebut akan dipasang pada tiga koridor yang sudah terlayani selama ini. Masing-masing di koridor II, III, dan IV.
Jika mencukupi, tambahan halte juga akan dipasang pada pada koridor V yang melayani rute Untia-Terminal Panampu-Jalan Tinumbu- Jalan Ujung-Jalan Bandang-Jalan Veteran Utara-Jalan Veteran Utara-Jalan Veteran Selatan-Jalan Sultan Alauddin- Jalan Gowa Raya-hingga Terminal Palangga.
Menyikapi tuntutan pengemudi taksi konvensional dan petepete terhadap hadirnya moda transportasi massal baru seperti taksi online dan BRT, Ilyas mengatakan sebaiknya pihak-pihak yang berkepentingan duduk sama-sama memecahkan persoalan ini.
“Ini kan persoalan bagi kue yang dinilai tidak jelas. Paling idealnya harus duduk bersama, ” ungkap Ilyas.
Dia melanjutkan, persoalan inipun sudah menjadi perhatian DPRD Provinsi Sulsel. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top