CoI Disuntik Rp89 Miliar – Berita Kota Makassar
Metro

CoI Disuntik Rp89 Miliar

MAKASSAR, BKM –Pembangunan masjid dan wisma negara di kawasan Centre Point of Indonesia (CoI) tetap dilanjutkan. Kedua proyek tersebut kembali mendapatkan anggaran dari APBD 2017 sebesar Rp89 miliar.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (DSDACKTR) Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, untuk kelanjutan pembangunan Wisma Negara, pemprov menyiapkan anggaran Rp29 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk merampungkan pembangunan gedung serba guna yang sudah hampir rampung.
Sementara untuk pembangunan masjid yang direncanakan memiliki 99 kubah, dialokasikan anggaran sebesar Rp60 miliar. Anggaran itu digunakan untuk mematangkan lahan, sub struktur dan struktur utama.
“Intinya ini sudah masuk pengerjaan fisik, karena untuk perencanaan dan desain sudah lengkap,” katanya, di Kantor Gubernur Sulsel.
Khusus pembangunan masjid yang dirancang oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil itu, pemprov membuka kesempatan kepada masyarakat untuk ikut menyumbang.
Untuk penyelesaian masjid itu, diperkirakan membutuhkan dana antara Rp150 miliar hingga Rp160 miliar sampai semuanya selesai termasuk lanskapnya.
“Untuk dana yang dari umat Islam ini tentu kita akan himpun, apalagi ini masjid siapa saja bisa berkontribusi,” jelasnya.
Untuk kepentingan itu, Pemprov Sulsel mulai akan menyusun panitia yang akan mengurus bantuan tersebut. Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Latief belum lama ini mengatakan akan menyusun kepanitiaan.
Dia sudah menginstruksikan SKPD terkait untuk mempersiapkan semuanya. Setelah itu, penggalangan dana akan dilakukan. Untuk tahap awal, semua instansi termasuk kepala SKPD lingkup Pemprov Sulsel akan dimintai kerelaan hatinya membantu pembangunan masjid tersebut.
Begitu juga dengan seluruh bupati/walikota di Sulsel. Panitia juga membuka pintu bagi masyarakat umum yang ingin memberi bantuan. “Insha Allah Februari baru kita akan mulai jalan, ” kata Abdul Latief.
Dalam master desainnya, masjid tersebut akan dibangun dengan 99 kubah, mengikuti asmaul husnah. Bangunan dimensi masjid berukuran 72×45 meter. Konsep hablum minallah diwujudkan dengan satu menara setinggi 90 meter dan hamblum minannas diwujudkan dengan pelataran yang berfungsi sebagai publik space atau ruang berinteraksi antarsesama jamaah. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top