Headline

Cari Siso, Dua Gadis Bersepupu Tewas Tenggelam

GOWA, BKM — Pagi di Dusun Tanah Karaeng, Desa Panaikang, Kecamatan Pattallassang, Gowa. Jarum jam menujuk pukul 07.00 Wita, Rabu (15/2).
Sejumlah anak remaja terlihat menuju sebuah telaga. Telaga itu terbentuk dari bekas galian tanah milik Pabrik Gula Takalar. Jaraknya kira-kira 5 km dari rumah mereka.
Tujuannya adalah mencari siso, bahasa setempat untuk menyebut siput hitam sawah. Kegiatan ini memang bagian dari aktivitas mereka jika sedang tidak ada pekerjaan rumah.
Namun, remaja ini tidak menyadari kalau telaga yang mereka datangi rupanya cukup dalam. Padahal biasanya mereka mencari siso di sawah-sawah saja.
Belum sempat mendapatkan siso yang ukurannya rata-rata sebesar kelereng, dua diantara gadis itu terjebak dalam telaga. Yang pertama tenggelam adalah Ramadani binti Ngongko (15), pelajar SMKN 1 Pattallassang. Selanjutnya Asrianti binti Abd Muin (21), warga Dusun Biring Romang, Desa Panaikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.
Awalnya Ramadani hendak menolong temannya bernama Khadijah yang sempat terpeleset. Kemudian menyusul Asrianti turut tenggelam saat hendak menolong Ramadani.
Keduanya yang masih bersepupu langsung tenggelam begitu terperosot masuk ke dalam air. Apalagi mereka tidak bisa berenang. Sejurus usai kejadian, teman-teman korban langsung panik. Selanjutnya berusaha minta tolong kepada warga sekitar.
Tidak lama bala bantuan tiba. Warga yang berdatangan mencoba memberi pertolongan. Namun Tuhan berkehendak lain. Nyawa keduanya tak bisa diselamatkan.
Gadis malang itu menemui ajal usai banyak kemasukan air dalam tubuhnya. Mayat keduanya ditemukan pukul 10.30 Wita oleh warga sekitar yang melakukan pencarian di telaga.
Kejadian ini kemudian diadukan ke Pospol Pattallassang. Selanjutnya dilaporkan ke Polsek Bontomarannu.
”Kedua korban hendak mencari siput yang mau dimakan. Mereka mencarinya di telaga. Namun, peristiwa nahas dialami korban. Keduanya tenggelam dan tak bisa diselamatkan oleh lima orang temannya yang ingin menolongnya,” jelas Kapolsek Bontomarannu AKP Ahmad Hamdan, kemarin.
Jenazah korban selanjutnya disemayamkan di rumah duka Dusun Biring Romang, Desa Panaikang untuk kemudian dimakamkan. (sar/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top