Ada Perpustkaan Lorong di Program Bacarong – Berita Kota Makassar
Headline

Ada Perpustkaan Lorong di Program Bacarong

IST PROGRAM BACARONG-Direktur Harian BKM Fachruddin Palapa berbincang dengan Kadis Perpustakaan Kota Makassar Andi Siswanta di ruang kerjanya, Selasa sore (14/2). Pertemuan membahas program Bacarong.

SATU lagi program baru digagas Harian Berita Kota Makassar. Membaca di Lorong (Bacarong) namanya. Untuk pelaksanaannya, BKM bekerja sama Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perpustakaan.

Laporan: Arif Alqadri

PROGRAM Bacarong sejatinya diharapkan bisa membantu meningkatkan minat baca masyarakat Makassar. Nantinya, akan ada perpustakaan dalam lorong. Rencananya, tidak lama lagi Bacarong dilaunching.
Sebagai langkah awal, Direktur Harian BKM Fachruddin Palapa menggelar pertemuan dengan Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Andi Siswanta. Pertemuan berlangsung di ruang kerja kadis, Selasa sore (14/2).
Dikatakan Fachruddin, Bacarong yang digagas BKM merupakan bentuk dukungan terhadap program yang dilaksanakan pemkot. Khususnya yang dilaksanakan di lorong.
Sebab, tidak bisa dipungkiri saat ini minat baca masyarakat mengalami penurunan. Sehingga dibutuhkan cara untuk memperbaiki kondisi itu.
Perpustakaan dalam lorong nantinya akan dilengkapi dengan berbagai judul buku. Kehadirannya diharapkan bisa memacu kembali masyarakat untuk membaca buku. Sekaligus menambah wawasan serta meningkatkan literasi membaca masyarakat.
Sebelumnya, tambah Fachruddin, BKM telah ikut serta dalam mendukung program pemkot Makassar’ta Tidak Rantasa (MTR). Salah satunya dengan melaksanakan program Makassar Majukan Lorong (Majurong). Fokusnya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal.
”Sekarang kami kembali mengagas program Bacarong. Salah satu kegiatannya nanti adalah membentuk perpustakaan dalam lorong. Ini salah satu bentuk dukungan kami terhadap program pemkot,” jelas Fachruddin.
Selain buku-buku, BKM juga akan menyuplai koran di tiap perpustakaan yang dibentuk. Dengan begitu, masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan akan mendapat banyak pilihan bacaan. Baik buku maupun koran. Sehingga mereka tidak bosan.
”Kita juga berencana untuk menggelar gerakan membaca serentak saat melaunching Bacarong,” lanjutnya.
Mendengar program Bacarong yang dihadirkan Harian BKM, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Andi Siswanta menyatakan dukungannya. Juga bersedia untuk bekerja sama dalam mewujudkan dan menyukseskan program ini.
Diakui Andi Siswanta, saat ini telah banyak dioperasikan perpustakaan keliling. Baik menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Mereka berkeliling melayani masyarakat untuk membaca buku.
”Kehadiran Bacarong diharapkan dapat lebih membantu meningkatkan membaca buku masyarakat dalam lorong. Program ini sangat bersinergi dengan apa yang kita lakukan dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Kita siap bekerja sama,” tandasnya. (*/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top