Prof Tahir: Rayakanlah Valentine Dalam Arti Positif – Berita Kota Makassar
Headline

Prof Tahir: Rayakanlah Valentine Dalam Arti Positif

MAKASSAR, BKM — Sosiolog dari Universitas Hasanuddin, Prof Tahir Kasnawi mengatakan, secara akal sehat dan pandangan mata, nilai-nilai budaya di kalangan anak muda memang kian tergerus. Budaya barat yang masuk ke Indonesia, khususnya ke daerah ini semakin banyak yang diterapkan anak muda. Salah satunya dengan merayakan hari kasih sayang yang populer disebut Valentine.
“Kecenderungan anak muda untuk merayakan Valentine memang meningkat. Bagi anak muda yang nilai moral, kontrol diri, budaya, maupun keagamaannya rendah, dengan pengaruh lingkungan yang melingkupi dirinya, sex bebas dianggap sah saja dilakukan saat perayaan hari Valentine. Apalagi, ada nuansa yang mendukung. Misalnya, berbagai program perayaan ditawarkan kepada anak muda saat perayaan Valentine,” ujarnya, kemarin.
Prof Tahir melihat ada dua faktor yang membuat perayaan Valentine tumbuh subur di tanah air. Pertama, kecenderungan anak muda yang makin bebas tanpa sekat. Kedua karena kepentingan bisnis. Ada perusahaan yang menjadikan momen Valentine untuk mengeruk keuntungan. Misalnya dengan menjual merchandise dan sebagainya.
Dia menilai telah terjadi dekadensi moral dengan maraknya sex bebas saat perayaan Valentine. Kondisi masyarakat membuat keadaan semakin tidak terkontrol. Mereka makin cuek dengan sekitar, dengan prinsip sepanjang tidak mengganggu dan merugikan dirinya. Dan yang paling utama adalah perhatian orang tua kepada anak yang semakin berkurang dengan alasan kesibukan.
“Belum lagi karakter anak muda sekarang yang suka membantah. Bangga jika dikatakan anak gaul, ” ungkapnya.
Sebenarnya, perayaan Valentine yang berasal dari barat itu bisa diarahkan ke hal positif. Tentunya ini harus melibatkan orang tua. Bagaimana pada perayaan hari kasih sayang itu, dibuat sebuah kegiatan yang lebih meningkatkan empati dan kasih sayang terhadap sesama manusia, terhadap keluarga, maupun sahabat.
“Jadi kalau Valentine tidak bisa dibendung, rayakanlah dalam artian positif. Bukan dengan berdua-duaan sama pacarnya dan melakukan sex bebas,” pungkasnya. (rhm/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top