Gojentakmapan

PK5 Enggan Masuk ke Pasar Induk Minasamaupa

IST DITERTIBKAN -- Seorang aparat Polsek Pallangga saat menertibkan aktivitas pedagang kakilima yang menjual dagangannya di atas badan jalan poros Pallangga.

GOWA, BKM — Sejumlah pedagang kakilima (PK5) yang kembali meramaikan badan jalan di poros kota Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, digusur. Padahal, beberapa bulan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Gowa bersama Pemerintah Kecamatan Pallangga telah menggelar Godacet atau program Gerakan Gowa tidak Macet.
Kenyataannya, meski sudah ditertibkan berkali-kali dan diarahkan masuk berjualan di kawasan pasar Induk Minasamaupa, namun para pedagang lapak ini tetap saja membandel. Mereka doyan menguber calon pembelinya. Sehingga nekat menggelar lapaknya lagi di pinggir jalan poros yang telah dikenai larangan berjualan.
Karenanya, mulai Kamis (8/2) hingga akhir pekan kemarin, sejumlah petugas gabungan dari Polsek Pallangga, Koramil Pallangga, Pemerintah Kecamatan Pallangga melakukan penertiban mulai pukul 07.00 Wita.
Para pedagang kakilima yang kedapatan menggelar dagangannya di pinggir jalan hingga menggambil sekitar setengah meter badan jalan, ditertibkan lagi. Hal ini dilakukan guna mencegah kesemrawutan dan kemacetan di poros sibuk dan jalur padat kendaraan tersebut.
Kanit Sabhara Polsek Pallangga, Ipda Joko Sudiro bersama Kanit Binmas Polsek Pallangga, Aiptu Syamsu Alam, serta para Bhabinkabtibmas dan Pers Lantas, Bripka Syaiful Said, secara sinergitas memberikan arahan serta wejangan-wejangan kepada PK5 tentang akibat dan dampak yang bisa ditimbulkan oleh aktivitas PK5 jika tidak ditertibkan.
”Alhamdulillah. Penertiban dilakukan dengan aman, lancar, dan kondusif,” kata Ipda Joko Sudiro. (sar/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top