Lembaga Survei Siap Bertarung di Quick Count – Berita Kota Makassar
Politik

Lembaga Survei Siap Bertarung di Quick Count

MAKASSAR, BKM–Sejumlah lembaga survei dan konsultan pemenangan kembali akan bertarung ketika melakukan hitung cepat atau Quick Count Pemilihan bupati (Pilbup) Takalar 15 Februari pada Rabu sore. Beberapa lembaga akan membuktikan siapa yang lebih presisi atau mendekati hasil rekap dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya.
Hitung cepat atau Quick Count mendatang hasilnyua dapat diketahui sekitar dua jam setelah pemungutan suara ditutup di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
JSI yang tercatat di MURI sebagai pemegang rekor paling presisi hasil quick count dengan selisih absolut 0,01 persen dibanding hasil pleno KPU salah satu pilkada, dipastikan akan menurunkan tim untuk mengetahui lebih cepat pemenang Pilbup Takalar. “Benar, kami akan melakukan quick count di Pilkada Takalar,” kata Supervisor Pemenangan JSI, Arif Saleh saat ditanya mengenai kepastian lembaganya merekam hasil akhir penghitungan suara di sejumlah TPS, Rabu (15/2) besok.
Menurut Arif, hitung cepat di Pilbup Takalar, JSI akan mengambil sample di 180 TPS yang diacak dan repsentatif mewakili karakteristik pemilih di setiap wilayah, atau menggunakan metode multistage random sampling, dengan marjin error sekitar 1 persen. “Hasilnya sudah bisa diketahui minimal Pukul 15.00 atau 3 jam setelah pemungutan suara ditutup di TPS,”jelas Arif yang lembaganya berhasil merajai kemenangan di pilkada di Indonesia selama tujuh tahun terakhir.
Arif menuturkan, meski pemenang Pilbup sudah bisa diketahui lebih cepat. Namun, hasil akhirnya tetap berdasar pada rekapitulasi atau pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kendati demikian, hitung cepat lembaganya , hasilnya dijamin tidak akan jauh dari hasil resmi penyelenggara.
Khusus untuk Sulsel, JSI yang menorehkan kemenangan di atas 90persen untuk pendampingan pemenangan di sejumlah pilkada kabupaten/kota selama 8 tahun terakhir, juga sempat melakukan hitung cepat di pilkada serentak 2015. Hasilnya tidak jauh dari hasil resmi KPU.
Hal sama dilontarkan Direktur eksekutif Celebes Recearch Center (CRC) Herman Heizer bila lembaga yang dipimpinnya juga akan menggelar Quick Count untuk Takalar di Makassar. “Rabu sore hari kita sudah dapat mengetahui siapa yang menjadi pemenang di Pilkada Takalar,”ujar Herman, kemarin.
Direktur eksekutif Adhyaksa Supporting House (ASHO) non aktif Andi Irfan AB memberikan prediksi bila hasil hitung cepat beberapa lembaga dapat membantu calon dan pendukungnya untuk mengetashui hasil Pilkada. “Namun tentu harus menunggu hasil terakhir dari rekap KPU,”pungkas Irfan yang juga anggota Komisi A DPRD Sulsel ini. (rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top