Dewan Sebut Penerapan Smart Parking Belum Jelas – Berita Kota Makassar
Metro

Dewan Sebut Penerapan Smart Parking Belum Jelas

MAKASSAR, BKM–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar kembali menyoroti Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya yang belum siap menerapkan pembayaran parkir secara elektronik (smart parking) diMakassar.
Menurut Wakil Ketua DPRD Makassar, Indira Mulyasari Paramastuti Ilham, pemberlakukan pembayaran parkir non tunai itu belum jelas kapan dilaksanakan, dan terkesan penanggungjawab utama program tersebut yakni PD Parkir dinilai masih bimbang.
“rencana program ini diterapkan pada oktober 2016 lalu oleh Pemerintah Kota Makassar tapi hingga saat ini masih sebatas uji coba saja dan tidak ada tindak lanjutnya. Sementara perparkiran di Kota Makassar ini sangat amburadul begitupun dengan jukirnya,” katanya.
Menurut Legislator Fraksi Nasdem ini bahwa program yang akan menambah PAD serta meminimalisir parkir liar di Kota Makassar itu seyogyanya telah mulai berjalan saat masuk di 2017. Adapun dengan penggunaan uji coba dengan satu titik dinilai tidak dapat dijadikan representasi dari semua yang ada.
“Harusnya tahun ini sudah diterapkan dan di Makassar ini ribuan titik parkir harusnya paling sedikit 50 titik dulu, agar banyak hal baru ditemukan, karena pasti ada masalah yang berbeda-beda,” katanya.
Kendati demikian Indira menyatakan akan terus mendukung program smart parking dapat direalisasikan dalam waktu dekat, munculnya sejumlah titik parkir liar yang meresahkan warga sudah semestinya ditertibkan dengan sistem pembayaran berbasis teknologi.
“Jadi kedepan jika jukir tidak memiliki alat transaksi berarti ilegal, dan perlu diimbau kemasyarakat agar tidak membayar tunai berapapun nilainya ini agar tidak ada jukir ilegal dan oknum yang memanfaatkan setiap lokasi sebagai tempat parkir,” ucapnya.
Semanatara itu, Direktur Operasional PD Parkir Makassar Raya, Safrullah yang dikonfirmasi terpisah membenarkan jika pihaknya belum menentukan jadwal resmi tentang kapan launching smart parking, namun tahapan uji coba tidak akan lama setelah itu sudah serentak.
“Sebelumnya itu kami terkendala izin dari Wali Kota sehingga menunggu dan harus kita ketahui jika saat ini sudah tahap uji coba, walau cuma satu titik,”katanya.
Uji coba smart parking yang dilakukan disekitar Kawasan Boulevard, Panakkukang ini untuk memperlihatkan kemasyarakat tata pembayaran yang tidak diragukan lagi transaksi lewat mesin itu langsung kerekening PD Parkir tanpa neko-neko.
“Kami belum ketarget pendapatan dari uji coba itu tapi intinya sosialisasi dimasyarakat dan jika sudah dikenal maka pendapatan secara otomatis meningkat pula,”tutupnya.(ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top