Headline

30 TNI-Polisi Kawal Logistik Pilkada ke Tanakeke

TAKALAR, BKM — Gubernur Sulawesi Selatan H Syahrul Yasin Limpo mengecek dan memantau langsung pendistribusian logistik pilkada Takalar. Didampingi sejumlah pejabat pemprov, SYL mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Takalar, Senin (13/2).
Dalam kunjungan tersebut, SYL mengapresiasi kinerja jajaran penyelenggara. Mulai dari KPU, Panwaslu hingga jajaran pengamanan. Termasuk terjalinnya koordinasi yang baik antara penyelenggara dan Pemerintah Kabupaten Takalar.
“Proses perencanaan dan agenda serta seluruh tahapan sudah dilakukan dengan baik. Koordinasi dengan institusi penyelenggarapun sangat berintegrasi,” ujar SYL didampingi mantan Pelaksana Tugas Bupati Takalar Andi Darmawan Bintang.
Mantan Bupati Gowa dua periode ini juga mengakui, hasil pantauan pemprov atas jalannya semua tahapan, telah berlangsung sesuai harapan. “Hari ini saya ikut menyaksikan KPU mendistribusi logistik karena ingin mengetahui langsung proses pendistribusian. Hanya saja, saya minta KPU tidak mengulang lagi kesalahan seperti tahun-tahun sebelumnya. Dengan begitu, pilkada Takalar semakin bermartabat dan berkualitas,” kata Gubernur Sulsel dua periode ini
Kemarin, KPU Takalar mendistribusikan sejumlah logistik ke Pulau Tanakeke, Kecamatan Mappakasunggu. Pengiriman menggunakan dua unit speed boat dan satu buah jolloro. Sebanyak 30 personel TNI dan Polri melakukan pengawalan.
“15 kotak suara untuk lima desa di Pulau Tanakeke beserta logistik lainnya telah didistribusi ke Pulau Tanakeke dengan menggunakan tiga alat penyeberangan,” ujar Komisioner KPU Takalar Divisi Data dan Komunikasi, Ali Padjarang, Senin (13/2).
Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, maka pendistribusian logistik Pilbup dikawal 30 anggota TNI dan Polri yang dilengkapi senjata. Hal ini juga sekaligus akan mengawal dan menjaga proses pilbup hingga proses pemulangan logistik ke Kecamatan Mappakasunggu.
Pada pendistribusian logistik, Kapolres Takalar AKBP Iskandar tetap memantau semua kegiatan yang berlangsung. Bahkan orang nomor satu di Polres Takalar ini mendampingi proses pendistribusian, mulai dari kantor KPU hingga logistik saat diangkut ke dermaga Takalar lama. Selanjutnya logistik diangkut naik kekapal menuju Pulau Tanakeke.
“Khusus di Pulau Tanakeke pengamanan agak diperketat. Setiap TPS ditempatkan dua personel pengamanan. Ditambah dua orang anggota linmas yang direkrut oleh tiap TPS masing-masing guna mengawal jalannya proses pencoblosan,” jelas Kapolres.
Selama tahapan berlangsung, personel yang diterjunkan sebanyak 502 orang hingga hari pencoblosan. (ira/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top