Sulselbar

Tipu Juragan Ikan, Warga Mamuju Diamuk Massa

DIAMUK MASSA -- Pelaku penipuan Ippank dibuat tak berdaya setelah diamuk massa. Pelaku saat diamankan di Mapolsek Paleteang Pinrang

PINRANG, BKM — Aksi amuk massa terhadap pelaku kriminal di Kabupaten Pinrang kembali terjadi. Kali ini, Ippank (30) warga kampung Budong-budong Kabupaten Mamuju Sulbar menjadi korban amuk warga di jalan Seroja, Kelurahan Pacongan Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Sabtu (11/2) sekitar pukul 15.00 Wita.
Ippank diamuk warga saat ketahuan hendak menjalankan aksi penipuan bisnis ikannya kepada Ruslan, seorang juragan ikan yang beralamat di lokasi kejadian (TKP).
Kedok pelaku terbongkar saat yang bersangkutan ditemukan di rumah Ruslan (TKP) oleh korban sebelumnya, H. Baddu, seorang juragan ikan yang beralamat di jalan Bakung Kelurahan Pacongan Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, yang telah ditipu oleh pelaku sehari sebelumnya, Jumat (10/2).
Kronologisnya, sekitar pukul 11.00 Wita, pelaku mendatangi rumah korban dan menawarkan ikan sebanyak 6 Ton yang berada di kampung Bojo Kabupaten Barru.
Pelaku kemudian meminta panjar sebanyak Rp4 Juta kepada korban dengan alasan untuk memperbaiki Kapal penangkap ikan miliknya yang lagi rusak.
Korban menyerahkan uang sebanyak Rp4 juta kepada pelaku, dan meminta seorang pekerjanya yang bernama Bahar (34) untuk menemani pelaku menuju Bojo Kabupaten Barru mengambil ikan sebanyak 6 Ton tersebut.
Tapi dalam perjalanan, pelaku meminta berhenti di Masjid Lappa-Lappae Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang untuk melaksanakan shalat dhuzur, dan di masjid itulah pelaku kabur melarikan diri.
Esok harinya Sabtu (11/2) korban bersama pekerjanya, Bahar mendapati pelaku di rumah Ruslan alias Cullang, juragan ikan lainnya. Pelaku mendatangi rumah Ruslan untuk menawarkan ikan seperti yang dilakukannya saat menipu korban. Kedapatan oleh korbannya, pelaku tidak bisa berkutik lagi dan akhirnya diamuk massa.
Kasat Reskrim Polres Pinrang, AKP Muhammad Nasir yang dikonfirmasi, Minggu (12/2) malam, membenarkan adanya kejadian itu.
“Pelakunya sudah diamankan, dan untuk proses hukumnya ditindaklanjuti Polsek Paleteang Pinrang,” singkat Nasir via selulernya.
Terpisah, Kapolsek Paleteang Pinrang, Ipda Heriyadi Nur menjelaskan, saat ini pelaku telah diamankan di Mapolsek Paleteang Pinrang untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.
“Sudah kita amankan, dan sementara dalam proses hukum,” ungkap Heriyadi. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top