Sulselbar

Puskesmas Balla Ditinggal Petugas Medis

BKM/DARMAN ARDI DITINGGAL PETUGAS -- Puskesmas Balla yang berdiri megah ternyata sering ditinggal para petugas medisnya, mulai dari bidan, suster hingga dokter. Sehingga banyak warga setempat harus kecewa lantaran tidak mendapatkan pelayanan kesehatan.

MAMASA, BKM — Puskesmas merupakan tempat bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun sangat disayangkan kalau Puskesmasnya ada tapi para petugas termasuk dokter tidak ada.
Tentu hal ini sangat berdampak buruk terhadap masyarakat yang seyogyanya mendapatkan pelayanan kesehatan. Seperti yang terjadi di Puskesmas Balla, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa.
Puskesmas Balla ini bangunannya terbilang megah. Tapi sangat disayangkan para petugas medisnya mulai dari suster, bidan, dan dokternya, tidak ada. Ini sudah sangat merugikan masyarakat setempat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
Lince, warga setempat mengeluhkan pelayanan kesehatan di Kecamatan Balla sudah tidak ada. Ia mengaku, ketika anaknya sakit mau dibawa ke Puskesmas, tapi Puskesmasnya kosong terkunci. Sehingga anaknya terpaksa dibawa ke Rumah Sakit Balla yang jaraknya sangat jauh.
Bukan hanya Lince, warga sekitar bernama Arruan, kepada BKM juga mengutarakan kalau dirinya sangat kecewa saat akan mengantar orangtuanya yang sakit ke Puskesmas Balla. Ternyata, Puskesmasnya tutup.
”Harusnya, Puskesmas ada petugas medis yang jaga. Tidak dibiarkan kosong,” ungkap Arruan kesal.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa, dr Ajay yang dikonfirmasi BKM melalui telepon selulernya, kemarin, mengatakan, penyebab kosongnya petugas medis di Puskesmas Balla hanya karena petugasnya ada tugas luar ke desa-desa.
Kemudian, kata dr Ajay, petugas medis berdomisili agak jauh. Tapi itu bukan alasan. Ia pun menyampaikan terimakasih dengan adanya kontrol dari media seperti ini. Ia pun menyampaikan kalau dirinya akan menghubungi kepala Puskesmas Balla. Sebab, apapun alasannya Puskesmas tidak boleh kosong. (dar/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top