Dewan Minta Rampungkan Izin Tol Petta Rani – Berita Kota Makassar
Metro

Dewan Minta Rampungkan Izin Tol Petta Rani

MAKASSAR, BKM– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kota Makassar meminta rencana pembangunan jalan Tol Petta Rani segera diwujudkan, termasuk proses perizinan harus lengkap tahun ini.
Ketua Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Makassar, Wahab Tahir mengatakan, rencana membangun Tol Petta Rani memang sudah diwacanakan tahun-tahun sebelumnya, dan hingga saat ini masih terkendala di perizinan dan hal teknis lainnya.
“Rencananya sudah lama dan masih terkendala izin, termasuk pembebasan lahan dan izin membangun karena akan memotong pohon-pohon di area jalan tersebut,”ungkapnya, Minggu (12/2).
Apalagi, tambah Wahab, kendala teknisnya juga menyangkut soal sistem keluar masuknya kendaraan di jalan tol.
“Terkait anggarannya kami belum tahu secara teknis. Kita hanya minta proyek ini bisa diwujudkan,” katanya.
Terpisah, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengaku masih gelisah menunggu izin yang belum juga dikeluarkan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait dengan rencana Pemerintah Kota Makassar membangun jembatan layang atau tol dalam kota.
Dualisme rancangan pembangunan tol dalam kota antara pemerintah kota dengan pemerintah pusat menjadi kendala lambannya proses pembangunan. Padahal jauh sebelumnya, pemerintah kota telah menargetkan dapat memulai melakukan pembangunan tol dalam kota di awal 2017 ini.
Menurut Danny sapaan akrab Wali Kota Makassar, seluruh anggaran yang akan digunakan dalam pembangunan serta rancangan gambar tol dalam kota telah diselesaikan. Regulasi dari pusat yang menekan untuk melakukan pembebasan lahan menjadi masalah dimulainya proses pembangunan tol dalam kota. Padahal pemerintah kota sendiri memandang pembangunan tol dalam kota tetap dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya pembebasan lahan yang cukup menelan anggaran yang banyak.
Memberikan persentase menjadi cara yang bijak dilakukan pemerintah kota kepada pemerintah pusat untuk dapat segera memulai pembangunan tol dalam kota tanpa melakukan pembebesan lahan. Terlebih kehadiran tol dalam kota ditujukan untuk mengurai kemacetan di Kota Makassar yang kian hari makin padat dibeberapa titik di Kota Makassar seperti di Jalan AP Petta Rani dan Jalan Boulevard.
“Kita masih berjuang dan menunggu izin dari pusat. Kita target tahun ini izinnya sudah dikeluarkan dan mulai dapat melakukan pembangunan paling lambat 2018 mendatang. Tanpa ada pembebasan lahan, kita optimis pembangunan tol dalam kota yang mulai dikerjakan di Jalan AP Pettarani samping flyover dilakukan 2018 mendatang,” tegas Danny, Minggu (12/2).
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Hadijah Iriani Ridwan mengaku, sama sekali tidak mengetahui adanya rencana pemerintah kota untuk melakukan pembangunan tol dalam kota. “Tidak ada itu pembangunan tol dalam kota dari pemerintah kota, mungkin provinsi yang punya program itu. Saya sama sekali tidak tahu itu,” pungkasnya.(arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top