Sulselbar

Asuransi Nelayan tak Capai Target

BARRU,BKM — Program Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun anggaran 2016 yang menargetkan asuransi 3.000 nelayan di Kabupaten Barru tak tercapai. Nelayan yang tercover program tersebut hanya mampu menampung 700 orang.
Padahal nilai santunan untuk nelayan yang meninggal dunia Rp 120 juta, cacat seumur hidup Rp 100 juta, perawatan sakit sampai Rp 20 juta.
Imbas dari tidak terakomodirnya 2.300 nelayan dalam program asuransi ini, kemudian memicu kecemburuan dari nelayan lain. “Bahkan nelayan yang tak diakomodir itu sempat melontarkan sindiran jika program ini sarat dengan muatan politis pemilukada,”ujar beberapa nelayan yang minta tidak dituliskan namanya.
Kadis Perikanan, Mursalim Abdullah, yang dimintai keterangan, Sabtu (11/2) disela-sela pengukuhan Pengurus BAZNAS Barru menyatakan dirinya juga baru mengetahui masalah ini. “Pihaknya sementara mempelajari kebenaran informasi itu, karena saya baru beberapa hari menjabat diinstansi Perikanan, sehingga belum bisa memberikan kesimpulan tentang duduk masalah dari asuransi ini,” aku Mursalim.
Sepengetahuan Mantan Kadis Pertanian dan Eks Kepala Badan Ketahanan Pangan ini, bahwa keberadaan asuransi nelayan ini merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan. ” Adapun Persyaratan yang harus dimiliki nelayan agar bisa dikutkan dalam program asuransi ini, yakni memiliki kartu yang diterbitkan Dinas Perikanan,” terangnya (udi/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top