Sulselbar

Mantan Kaban Ketahanan Pangan Ditahan

RANTEPAO BKM — Mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Toraja Utara Yohanes Palamba ditahan Kejari Makale dan langsung dijebloskan ke Rutan Kelas 1 Gunung Sari, Kamis (9/2) sore.
Kasi Intel Kejari Toraja Amri Kurniawan kepada BKM, Jumat (10/2) mengatakan Yohanes terjerat
kasus tindak pidana korupsi di Badan Ketahanan Pangan Toraja Utara sejak tahun 2013 lalu. Saat ini penyidik Kejari terus melakukan pendalaman terhadap kasus ini.
Berdasarkan keterangan sejumlah saksi mengakui banyak oknum pejabat Toraja Utara menerima aliran dana, termasuk para mantan anggota dewan yang bertugas di Badan Anggaran.
Kasus korupsi di BKP Torut menjadi perhatian masyarakat Toraja. Sebelumnya kasus ini telah menyeret PPTK Damaris, dan kini telah menjalai sidang di Tipikor Makassar.
”Kasus di BKP Torut terus dikembangkan dan tersangka Yohanes telah ditahan untuk kepentingan penyidikan,” ujar Amri Kuriawan. Amri menambahkan begitu kompleksnya persoalan pengadaan bibit di BKP Torut ditengarai setengah dari kegiatan fiktif, tidak menutup kemungkinan bakal terseret lagi tersangka baru, nama dan identitasnya sudah dikantongi, hanya saja belum dipublikasi.
Bagi Kejari Toraja siapapun terlibat tindak pidana korupsi akan diseret tanpa kenal siapa, sehingga kasus tindak pidana korupsi di BKP Torut 2013 lalu berupa kegiatan pengadaan bibit senilai Rp.1,3 milyar.
Namun kenyataanya di lapangan kegiatan hanya direalisasikan sekitar 50 persen bibit dibagi ke kelompok tani, sementara 50 persen tidak dilaksanakan sehingga ditengarai terjadi kerugian keuangan negara mencapai Rp.600 juta, ketus Amri Kurniawan. (gus/C).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top