Kendaraan Menggunakan Solar Penyumbang Polusi – Berita Kota Makassar
Metro

Kendaraan Menggunakan Solar Penyumbang Polusi

MAKASSAR, BKM– Sektor transportasi di Kota Makassar masih menjadi penyumbang polusi terbesar. Jika kondisi tersebut tidak ditangani dengan baik, dalam jangka waktu lama masyarakat dapat mengalami gangguan kesehatan khususnya pada jaringan pernafasan atau paru-paru.
Hal tersebut ditegaskan Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Makassar, Johana. Dia menyebut sejak 2016 lalu, kendaraan jenis roda empat dan roda enam berbahan bakar solar jauh lebih banyak mengeluarkan polusi ketimbang kendaraan jenis roda empat berbahan bakar bensin.
Hal tersebut berdasarkan dari hasil survei dan pemeriksaan yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Makassar yang kini menjadi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar. Hasilnya, sebanyak 30 persen kendaraan roda empat dan enam yang aktif beroperasi di Kota Makassar tidak memenuhi baku mutu.
“Tahun lalu kendaraan roda empat dan enam yang diuji 1.500 unit, dan 30 persen kendaraan berbahan bakar solar seperti truk pengangkut barang tidak memenuhi baku mutu. Sedangkan kendaraan berbahan bakar bensin khususnya mobil angkutan penumpang hanya 20 persen,” kata Johana, Jumat (10/2).
Untuk mengurangi polusi, tegas Johana, diperlukan kerjasama pihak terkait untuk rutin melakukan uji kelayakan serta peran pemilik kendaraan untuk lebih memperhatikan mesin kendaraan agar tidak menjadi penyumbang polusi. (arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top