Bur-Nojeng 61,3 Persen, SK-HD 29,8 Persen – Berita Kota Makassar
Headline

Bur-Nojeng 61,3 Persen, SK-HD 29,8 Persen

BKM TUMPAH RUAH - Puluhan ribu warga Takalar dari semua kecamatan tumpah ruah di Lapangan Sepakbola Larigau, Galesong, Jumat (10/2). Ini adalah kampanye akbar terakhir di Pilbup Takalar sebelum memasuki masa tenang.

MAKASSAR, BKM — Saat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Takalar nomo urut 1, Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng) kampanye di Galesong, Takalar, lembaga survei Celebes Research Center (CRS) merilis hasil surveinya pemilihan bupati (pilbup) Takalar, Jumat (10/2) siang. Berdasarkan hasil survei, dipastikan pasangan Bur-Nojeng menang telak.

Survei yang dilakukan 4 hingga 7 Februari lalu tersebut menempatkan pasangan Bur-Nojeng di urutan pertama. Tingkat elektabilitas pasangan petahana ini mencapai 61,3 persen.
Sedangkan pasangan nomor urut 2, Syamsari Kitta-H De’de Ahmad Dg Se’re (SK-HD) tingkat elektabilitasnya hanya 29,8 persen.
Kendati elektabilitas Bur-Nojeng jauh di atas SK-HD, pasangan yang diusung PKS dan Nasdem serta didukung PKB ini tetap masih memiliki peluang menang. Selain mengambil suara yang belum menentukan pilihan, SK-HD juga bisa menarik simpati pendukung Bur-Nojeng.
Direktur Eksekutif CRC, Herman Heizer kepada wartawan di kantornya di Jalan Adiyaksa Makassar saat merilis hasil survei, kemarin mengatakan, peluang SK-HD tetap ada, tapi sangat kecil.
“Itupun jika semua faktor seperti pemilih yang belum menentukan pilihan, serta faktor lainnya tiba-tiba tumpah ke paslon SK-HD,” jelas Herman.
Herman menjelaskan, CRC melakukan survei dengan metode sampel multistage random. Artinya sampel diambil secara acak. Survei dilakukan di 9 kecamatan di Takalar dengan jumlah responden sebanyak 450 orang.
“Toleransi kesalahannya sekitar kurang lebih 4,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen,” katanya.
“Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, tatap muka langsung dengan menggunakan kuisoner,” tambah Herman.
Sementara itu, pengamat politik yang juga hadir saat rilis hasil survei, Dr Bachtiar Maddatuang meyakinkan jika hasil survei ini menggunakan metode ilmiah seperti yang dilakukan di perguruan tinggi. Sehingga, kata Bahtiar, akurasinya dapat dipertanggungjawabkan ke pubik.
“Kalau melihat hasil survei dengan jarak yang cukup jauh, sepertinya tak ada lagi peluang penantang untuk mengalahkan petahana,” ujar Bachtiar.
Lantas bagaimana tanggapan kubu Bur-Nojeng atas hasil survei ini? Ketua Tim Manajemen Bur-Nojeng, Fachruddin Rangga mengapresiasi hasil survei CRC.
Menurut anggota Fraksi Golkar DPRD Sulsel ini, hasil tersebut sebagai bukti bahwa kerja-kerja tim dan relawan yang semakin baik. “Hasil survei Bur-Nojeng dari CRC memiliki tren kenaikan bila merujuk pada hasil survei Desember lalu,” kata Fachruddin. Pada survei Desember 2016 lalu, pasangan petahana meraih tingkat elektabilitas 56 persen.
Sementara itu, kampanye akbar pasangan Bur-Nojeng sebelum memasuki masa tenang digelar di Galesong, kemarin. Puluhan ribu massa tumpah ruang Lapangan Larigau.
Hadir sejumlah tokoh politik nasional, diantaranya Ketua Umum DPP Partai Golkar, Setya Novanto, Wakil Ketua DPP PDIP, Hamka Haq, anggota DPR RI Samsu Niang, Ridwan Wittiri, Ketua Partai Golkar Sulsel, Nurdin Halid dan ketua-ketua partai pengusung lainnya.
Selain politisi nasional, kampanye ini juga menghadirkan sejumlah artis seperti Zaskia Gotik, Aty Kodong dan Donny Kusuma.
Koordinator tim pemenang Bur-Nojeng wilayah Mangngarabombang, A Rifki Affandi mengatakan puluhan ribu massa pendukung Bur-Nojeng yang menyatu dalam kampanye akbar di Galesong sudah termasuk massa dari Mangngarabombang yang diperkirakan mencapai 35 ribu. (arf)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top