Headline

Endi Bertekad Wujudkan Makassar Seperti Bali

BKM/MASJIDAN POLISI SARIBATTANGTA - Direktur Utama Berita Kota Makassar, Mustawa Nur bersama Direktur, Fachruddin Palapa bertemu Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Endi Sutendi di Mapolrestabes, kemarin. Pertemuan dalam rangka membahas program Polisi Saribattangta.

MAKASSAR, BKM — Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Endi Sutendi punya cita-cita besar. Ia ingin mewujudkan Makassar seperti Bali. Makassar yang aman bagi siapapun. Bagi warganya, terlebih bagi para tamu, wisatawan dan pendatang.
“Ini pekerjaan berat, tetapi kami sebagai polisi akan berusaha melakukannya. Di Bali ada pecalang yang berperan aktif membantu melakukan pengamanan. Kita di Makassar, juga membutuhkan keterlibatan aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan,” ujar Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Endi Sutendi saat menerima Direktur Utama Berita Kota Makassar, Mustawa Nur bersama Direktur Fachruddin Palapa dan tim Polisi Sarribatangta di ruangannya, Kamis (9/2) pagi.
Endi mengatakan, tingkat kenyamanan warga dan pengunjung di Bali sangat tinggi. Dimanapun dan kapanpun berjalan-jalan di Pulau Dewata, pasti aman. “Kita tidak was-was akan dibegal, dijambret atau dirampok,” katanya.
Tapi di Makassar, lanjut Endi, kemanapun kita selalu was-was. Apalagi saat tengah malam. “Kita makan pisang epe di Pantai Losari kita tidak tenang. Takut motor kita dicuri. Begitupun saat jalan malam, kita takut nanti dibegal,” katanya.
Endi mengakui, ada beberapa tindak pidana yang banyak dikeluhkan masyarakat. Diantaranya aksi begal, narkoba, pencurian kendaraan bermotor dan balapan liar.
“Untuk menyelesaikan kasus-kasus ini, polisi sangat membutuhkan peran aktif masyarakat. Peran aktifnya berupa tindakan pencegahan,” katanya.
Makanya, Endi sangat mendukung program Polisi Saribattangta yang digagas Harian Berita Kota Makassar. Menurut Endi, program Polisi Saribattangta sangat berperan untuk mencegah tindakan kriminal.
“Nanti kami akan kumpulkan seluruh kapolsek dan bhabinkamtibmas membahas program ini. Setelah itu kami undang pihak Berita Kota untuk berbicara di depan kapolsek dan para bhabinkamtibmas,” jelas Endi.
Jika semua komponen pendukung program ini sudah konek, lanjut Endi, program ini bisa dilaunching Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono.
Sebelumnya, Direktur Utama Berita Kota Makassar, Mustawa Nur menjelaskan, tahun lalu Berita Kota bersama Polres Parepare menggelar Polisi Temanta. Konsepnya sama persis dengan Polisi Saribatangta.
“Polres Parepare mengakui saat itu kasus curanmor sangat tinggi. Makanya Polisi Temanta fokus di curnamor. Hasilnya setelah tiga bulan kami laksanakan, angka curanmor di Parepare menurun drastis,” jelas Mustawa.
Mustawa pun berharap, apa yang telah dilakukan di Parepare, bisa juga dilakukan di Makassar melalui Polisi Saribattangta. “Kita semua akan bergerak bersama, polisi, masyarakat, pemerintah dan media harus sevisi. Saya optimis angka kejahatan bisa diturunkan,” katanya.
Kegiatan Polisi Saribattangta ini, kata Mustawa, akan melibatkan polsek dan para bhabinkamtibas. Dimana, seluruh bhabinkamtibas akan menciptakan kawasan percontohan sesuai dengan kasus yang menonjol. “Misalnya kasus begal, maka akan dibentuk kawasan bebas kejahatan begal,” katanya.
Di kawasan inilah, lanjut Mustawa, bhabinkamtibmas akan turun bersama masyarakat untuk mencegah aksi begal. Jika kawasan tersebut diduga beberapa pemudanya sering terlibat aksi begal, maka bhabinkamtibas bersama tokoh masyarakat akan rutin melakukan penyuluhan dan memberikan penyadaran hukum.
“Insya Allah kalau ini dilakukan secara rutin dan melibatkan semua pihak, maka bisa menurunkan angka kejahatan dan tindakan kriminal lainnya,” katanya.
Selain itu, Mustawa juga menjelaskan bahwa di program ini, Berita Kota Makassar akan melatih para bhabinkamtibas membuat berita. “Dalam pertemuan dengan kapolda di Graha Pena beberapa hari lalu, Pak Kapolda berharap agar Fajar Group melatih para bhabinkamtibas tentang ilmu jurnalistik,” ucap Mustawa. (maf)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top