Sulselbar

Jangan Takut Gunakan Dana Desa

SOSIALISASI -- Tim BPKP saat foto bersama Bupati Soppeng HA Kaswadi Rasak usai acara sosialisasi Siskeudes

SOPPENG, BKM — Para Kades di Kabupaten Soppeng diminta untuk tidak takut menggunakan dana desa selama sesuai peruntukannya dan tidak melanggar undang-undang.
Hal ini terungkap pada acara Sosialisasi dan Bimtek Terkait Aplikasi Sistim Keuangan Desa di Ruang Rapat Gabungan Dinas Soppeng, Selasa (8/2). Hadir Kepala BPKP Perwakilan Sulsel Idris Yanto
Menurut Idris, UU No 6 tahun 2014 dimana Pemerintah Desa diberi kewenagan mengelola dan mengurus desanya berdasarkan ketentuan yang berlaku. Hal ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah. Buktinya pemerintah mengucurkan dana dan dana desanya hingga 1 miliar lebih dan meningkat setiap tahunnya.
Olehnya itu para Kades diminta dalam melakukan pengisian data yang jujur, tertib dan disiplin. Sebab jika tidak maka pengelolaan keuangan dipastikan bermasalah.
”Jadi sehabat apapun sistem aplikasi tapi tetap kembali ke SDM karena SISKEUDES hanya alat untuk membuat penyusunan laporan keuangan,” ujar Idris.
Para Kades wajib menjaga amanah yang diberikan oleh negara. Mengelola dana dengan baik agar pemerintah desa dapat terhindar dari masalah korupsi.
”Kalau mengelola keuangan desa degan baik, maka negara akan baik,” tambahnya.
Dia menegaskan jangan pernah menggunakan dana desa sepanjang untuk kepentingan masyarakat dan bukan kepentingan pribadi.
Tahun ini jelas Idris untuk penilaian WTP setiap daerah wajib melampirkan laporan keuangan desa, sehingga predikat WTP Desa mempunyai pengaruh. Kadis Pemdes A Agus Nongki lebih awal mewanti wanti para Kades jangan sampai gara-gara desa Kabupaten Soppeng tidak bisa mempertahankan WTP yang telah diraih.
Sementara Bupati Soppeng HA Kaswadi Rasak berharap pengelolaan keuangan desa betul-betul dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku. Karena kalau bermasalah maka akan berurusan dengan penegak hukum. (fir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top