Uncategorized

Enam Parpol Besar Tetap Incar Petahana

MAKASSAR, BKM — Partai politik papan atas tetap memiliki peluang untuk mengajukan petahana, Mohammad Ramdhan (Danny) Pomanto sebagai bakal calon wali kota Makassar 2018 mendatang. Sedikitnya ada enam parpol di Makassar yang tetap terbuka ruang untuk mengajukan nama Danny di pilwali Makassar nanti.
Keenam parpol itu yakni Golkar, Demokrat, Gerindra, PPP, PKS dan PAN. Mereka sudah pernah memberi pujian dan apresiasi atas kinerja Danny memimpin Makassar selama tiga tahun.
Selain itu, jika merujuk pada hasil survei saat ini, setiap partai memberikan isyarat akan mengusung bakal calon (balon) yang memiliki tingkat keterpilihan lebih baik dari balon lainnya.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulsel Ni’matullah, menegaskan bila partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono tentu akan melihat survei para kandidat sebelum menentukan pilihan untuk diusung.
“Partai tentu akan melihat survei. Pak SBY selalu menyampaikan hal itu di setiap kesempatan,” ujar Ni’matullah di sela-sela mengikuti Rakornas Demokrat di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (8/2).
Di pilwali Makassar 2013 lalu, partai berlambang bintang mercy ini berkoalisi dengan Partai Bulan Bintang (PBB) mengusung paket Danny-Syamsu Rizal alias Deng Ical.
Adapun Golkar juga mengisyaratkan akan mengusung balon yang surveinya paling teratas. Meski Danny bukan pengurus Golkar, namun Wakil Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Golkar Sulsel Kadir Halid mempersilahkan Danny untuk mengendarai partai Golkar.
“Silakan saja. Termasuk dua kader Golkar yang lain, seperti Pak Farouk M Betta dan Rusdin Abdullah,” ujar adik kandung Nurdin Halid ini, kemarin.
Kadir yang kemungkinan besar tak akan maju lagi di pilwali, menegaskan bila siapapun yang akan bertarung, tentu dilihat dari seberapa besar hasil surveinya.
Ketua DPC PPP Makassar Busranuddin Baso Tika sejak awal menginginkan bila partainya tetap mengusung Danny di pilwali mendatang. Demikian pula PAN yang selalu menghadirkan Danny dalam setiap kegiatan kepartaian.
PKS Makassar juga sudah terlihat enggan untuk mendorong kembali kadernya maju di pilwali, setelah Jafar Sodding kalah di pilwali 2008. Termasuk Tamsil Linrung yang juga tumbang di pilwali 2013 lalu.
Guru besar ilmu politik Unhas Prof Dr Armin Arsyad, menilai ada lima yang menentukan kemenangan buat Danny Pomanto di pilwali mendatang. Pertama; siapa wakilnya nanti. Kedua, siapa saja yang menjadi lawannya. Ketiga, berapa pasangan calon yang akan ikut berkompetisi. Keempat, partai pengusung apa saja. elima, aktor politik yang mendukung para bakal calon.
“Jadi belum bisa dianalisis dengan baik sebelum pasangan calon terbentuk,” jelas Armin.
Dosen politik dari UIN Alauddin Dr Firdaus Muhammad, juga memperkirakan, baik Golkar maupun Demokrat masih menjadikan Danny sebagai unggulan. “Golkar bakal mengusung Danny, Aru-Haris. Adapun Partai Demokrat akan mengusung Deng Ical dan Danny dari eksternal,” ujarnya. (rif)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top