Headline

Tamu Hotel Horison Dievakuasi Subuh

MAKASSAR, BKM — Jarum jam baru menunjuk pukul 04.30 Wita, Selasa (7/2). Namun, suasana di Hotel Horison Jalan Jenderal Sudirman terlihat ramai. Bahkan terdengar kegaduhan.
Karyawan dan tamu hotel yang berada di lantai atas panik. Mereka berusaha menyelamatkan diri.
Situasi ini dipicu terjadinya kebakaran di lantai satu hotel. Tepatnya di ruang kelistrikan. Api tiba-tiba muncul tak jauh dari ruangan gardu listrik tersebut.
Salah seorang karyawan hotel, Saki (35) menuturkan, awalnya ia mencium bau asap yang menyengat. Diapun berusaha mencari tahu sumbernya.
Alangkah terkejutnya ia ketika melihat gumpalan asap di lantai dua. Lampu hotel juga padam secara tiba-tiba.
”Saya langsung sampaikan ke teman kerja bernama Bahtiar. Selanjutnya diteruskan ke karyawan lain,” terang Saki, kemarin.
Teriakan sejumlah karyawan dan karyawati hotel membuat tamu jadi panik. Mereka terbangun dan langsung berlarian menyelamatkan diri.
Sambil menenteng barang miliknya, sebagian diantaranya menuju lift. Mereka baru tersadar bahwa lampu hotel padam. Akhirnya, tangga darurat jadi pilihan.
”Saya dan teman-teman yang lain langsung menyampaikan kepada tamu, mulai dari lantai tiga sampai lantai 10. Mereka kami bangunkan secepatnya,” terang Saki.
Pada pukul 05.00 Wita, semua tamu hotel berhasil dievakuasi keluar dari dalam kamarnya masing-masing. Aparat Polsek Ujung Pandang juga telah berada di lokasi. Mereka mengamankan seluruh tamu dan barang miliknya.
Tidak lama berselang, petugas pemadam kebakaran (damkar) pun tiba. Lima personelnya langsung membagi diri dan melakukan penyiraman api di ruang gardu listrik hotel. Api pada travo yang menjadi sumber, berhasil dikuasai.
Pukul 06.00 Wita, petugas PLN juga datang ke lokasi. Mereka melakukan pengecekan pada gardu listrik. Juga memperbaiki travo induk sambungan langsung dari PLN.
Kapolsek Ujung Pandang Kompol Ananda Fauzi Harahap, mengatakan tamu hotel berhasil dievakuasi. Personel kepolisian membantu mengamankan barang milik pengunjung.
”Kita juga melakukan olah TKP dan memasang garis polisi. Dari hasil olah TKP, dugaan sementara akibat korsleting listrik yang menyebabkan travo pada gardu listrik terbakar dan menimbulkan gumpalan asap tebal,” jelas Ananda. (ish/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top