Uncategorized

Sidrap Lestarikan Budaya Tradisional

GAGAS -- Kepala Disdikbud Sidrap, Nur Kanaah dan Sekretaris Disdikbud Hj Sanabong gagas Ayo ke Sidrap Lestarikan Budaya Tradisional Menuju Kemandirian Lokal.

SIDRAP, BKM — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) akan menggelar festival budaya tradisional dengan tema “Ayo ke Sidrap Lestarikan Budaya Tradisional Menuju Kemandirian Lokal”.
Acara yang digagas dalam rangka memeriahkan HUT Sidenreng Rappang ke673 tahun ini akan berlangsung di pelataran Stadion Ganggawa, Pangkajene, Sidrap, mulai Senin-Rabu, 13-15 Februari mendatang.
Kepala Disdikbud Sidrap, Nur Kanaah mengatakan, festival budaya tradisional se-Kabupaten Sidrap merupakan sebuah kegiatan revitalisasi reaktualisasi budaya tradisional dalam bentuk pertunjukan dan permainan.
Tujuannya, memperkenalkan budaya tradisional kabupaten Sidrap, mensosialisasikan nilai budaya tradisional sebagai landasan proses kreatifitas. “Ini juga akan menggugah elemen masyarakat untuk peduli dalam pelestarian budaya tradisional,” kata Nur Kanaah, diruang kerjanya, Selasa, (7/2).
Dengan adanya festival tersebut, kata Nur Kanaah akan memotivasi kelompok yang ada di kecamatan sebagai mitra pemerintah dalam pelayanan masyarakat di bidang kebudayaan di daerah agar perlu meningkatkan mekanisme kerjanya dengan fungsi dan tugas masing-masing.
“Untuk itu, kami mengimbau semua pihak untuk mengarahkan opini dan loby kearah peningkatan peran seni budaya dalam pelaksanaan pembangunan daerah,” jelasnya.
Ketua Panitia, Hj Sanabong mengatakan, festival budaya tradisional dikemas dalam bentuk fashion carnaval budaya, lomba mappadendang, simpony kecapi, lomba lagu daerah, mallongga.
Selain itu, juga ada lomba terompa, busana adat, maggasing, lomba tari, dan pameran kuliner. “Untuk pameran kuliner, setiap kecamatan mengutus penjual kue tradisional untuk memperkenalkan kulinernya. Begitupula dengan mappadendang, jumlah peserta 10 sampai 12 orang perkecamatan,” Sekretaris Disdikbud ini.
(ady/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top