Berita Kota Makassar | Pilkara Terancam Molor
Metro

Pilkara Terancam Molor

MAKASSAR, BKM–Pemilihan ketua RT dan RW (Pilkara) di 152 kelurahan terancam molor dari tahapan yang telah ditetapkan. Pasalnya, hingga, Selasa (7/2), masih empat kecamatan yang menyelesaikan verifikasi data pemilihnya dari 15 kecamatan yang ada.

Padahal, panitia pemilihan telah memberikan batas waktu atau deadline bagi 15 kecamatan untuk menuntaskan data pemilihnya hingga 9 Februari, besok. Karena tanggal 10 sudah masuk tahapan penetapan jumlah pemilih tetap.
Empat kecamatan yang telah mengumpulkan data wajib pilihnya yakni Kecamatan Tallo sebanyak 24.907 wajib pilih, Kecamatan Ujung Tanah 5.756 wajib pilih, Kecamatan Wajo sebanyak 5.338 wajib pilih dan kemudian disusul Kecamatan Mamajang sebanyak 10.194 wajib pilih.
“Sejauh ini kita sudah menerima laporan wajib pilih dari empat kecamatan dan dipastikan terus bertambah sesuai dengan target yang kita edarkan ke masing-masing Kecamatan hingga 9 Februari,” tegas Kepala BPM Kota Makassar, Iskandar Lewa, Selasa (7/2).
Hanya saja, kata Iskandar Lewa, jika ada kecamatan yang belum juga merampungkan data pemilihnya hingga batas waktu tersebut, maka panitia pemilihan akan melaporkan kondisi itu ke Wali Kota Makassar sebagai bahan penilaian dan evaluasi bagi pejabat setempat.
“Kalau ada kecamatan yang tidak mengumpulkan data wajib pilih hingga batas waktu yang kita berikan, pasti kita laporkan ke Wali Kota Makassar dan menjadi bahan penilaian terhadap aparat setempatnya. Saya harap semua dapat mengumpulkan data-data wajib pilih di wilayahnya,” harapnya.
Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto meminta kepada panitia pemilihan calon ketua RT dan RW untuk mengontrol setiap aktifitas kampanye calon ketua RT dan RW. Bukan hanya itu, calon ketua RT dan RW yang terbukti telah melanggar aturan diminta untuk diberikan sanksi tegas khususnya diskualifikasi.
“Tidak dibenarkan kalau ada calon ketua RT dan RW memasang baliho, spanduk dan sebagainya kecuali di media sosial. Kita pasti berikan sanksi tegas,” katanya.
Terpisah, Kepala pimpinan kecamatan Tamalate, Hasan Sulaiman mengungkapkan, pihaknya tetap pada jadwal tahapan.
“Kami ikut jadwal yang sudah diberikan, hari ini (kemarin-red) sudah tahap penyusunan daftar pemilih hingga tanggal 10 mendatang. Bahkan sudah masuk laporan verifikasi pemilih dan langsung diinput. Insya Allah bisa tuntas sesuai jadwal,” ungkap Hasan Sulaiman.
Hal yang diungkapkan Sekretaris Camat Manggala, Andi fadly. Menurutnya, Kecamatan manggala tetap pada jadwal yang ditetapkan. Apalagi, verifikasi data pemilih sudah aman, tinggal dirapatkan lagi ke seluruh lurah, jelas Andi Fadly.
Kepala Kecamatan Mariso, Harun Rani juga mengaku telah mengumpulkan hasil verifikasi data pemilih dari kelurahan se Kecamatan Mariso. “Iye kemarin saya kumpul lurah, sudah sampaikan satu persatu tentang data pemilih, tinggal tahapan pendaftaran lagi kami tunggu,” jelas Harun.
Pimpinan Kecamatan Makassar, Ruly, juga menyampaikan hal serupa, menyampaikan untuk pemilihan ketua RT/RW bagi kelurahan se Kecamatan Makassar tidak mengalami kendala.
“Saya kira pemilihan tidak akan molor, ” jelas Ruly.(arf-jun)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top