Peningkatan Ahlak Kunci Krisis Moral – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Peningkatan Ahlak Kunci Krisis Moral

Syarifuddin Side

PINRANG, BKM — Maraknya aksi kejahatan belakangan ini terjadi menjadi perhatian serius bagi Pemkab Pinrang. Mulai dari aksi begal, perampokan dan lainnya.
Sekkab Pinrang Syarifuddin Side berpendapat jika kasus begal muncul dikarenakan krisis moralitas dalam level yang mengkhawatirkan. Sehingga melalui jalan pintas seseorang ingin mendapatkan keinginannya melalui tindak kekerasan yang sangat merugikan masyarakat.
“Kasus ini menggambarkan bagaimana kondisi mental manusia yang sedang ‘sakit’. Mungkin berlebihan jika dikatakan demikian, tetapi bisa jadi perbuatan tersebut merupakan keluaran dari sikap tidak peduli dengan lingkungan, tidak peduli dengan orang lain, hilangnya sopan-santun, jauh dari agama, dan segala sifat ‘tidak baik’ lainnya yang sudah sangat akut,” ujar Sekkab di ruang kerjanya, Selasa (7/2).
Menurutnya, faktor seseorang bisa berbuat jahat itu disebabkan karena sedang mengalami krisis moralitas. “Nah, faktor penyebab krisisnya moral itu sendiri dapat ditinjau dari faktor internal maupun eksternal. Keluarga merupakan faktor internal di mana keluarga mempunyai fungsi sebagai pengawas sosial, keluarga memberi pengertian kepada semua anggota keluarga tentang peranannya, baik di dalam maupun di luar rumah atau dalam masyarakat,” katanya.
Selain itu, faktor teknologi informasi atau IT saat ini sudah tak bisa terbendung lagi perkembangannya sehingga masyarakat dengan mudah bisa mengakses segala informasi didunia.
“Kita tau media sosial yang paling utama memberikan informasi. Apakah itu benar atau isu-isu yang bisa memecah belah persatuan sehingga tidak lagi terpikirkan dan tanpa mengetahui dampak sebenarnya,” lontarnya.
Untuk itu, dihimbau kepada masyarakat Pinrang pintar-pintar memilah-milah informasi yang benar-benar bermanfaat bagi kebaikan bersama. Jangan mudah percaya isu atau berita hoax yang sifatnya bisa benturan hanya karena kepentingan perorangan atau individual ataupun kelompok,” imbuh Syarifuddin.
Yang paling utama, kata Sekkab, masyarakat lebih mendekatkan diri kepada pengcipta. Termasuk meningkatkan ahlak dan moralistas agar bisa terjauh dari tindakan kriminal yang bisa terpengaruh akibat faktor lingkungan sekitar.
“Kami pemerintah selalu menekankan kepada masyarakat agar peningkatan ahlak dan moralitas menjadi kunci meminimalisir aksi-aksi kriminalitas apapun bentuknya,”tandasnya.
(ady/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top