Raih Sukses Usai Gagal Berkali-kali – Berita Kota Makassar
Headline

Raih Sukses Usai Gagal Berkali-kali

IST AYAM SUPER-Alex Pagayang memegang ayam super yang berhasil dikembangkannya.

MEMBANGUN usaha membutuhkan perjuangan tak kenal lelah. Jangan harap kemajuan akan datang jika tidak disertai dengan tekad membangun yang kuat. Apalagi langsung goyah jika mendapatkan sebuah masalah.

LAPORAN: NUGROHO NAFIKA KASSA

HAMPIR semua yang memulai usahanya dari nol memiliki cerita menarik saat pertama merintis. Tak jarang kita disuguhkan dengan cerita yang menyentuh, bahkan mengundang rasa prihatin. Walaupun pada akhirnya kita akan dibuat kagum dengan kisah para pengusaha tersebut.
Alex, tak lupa membagi kisahnya ketika mendirikan Mitra Jaya Farm. Usaha yang benar-benar ia rintis sendiri dari nol. Kisah pentang menyerahnya mampu memberikan inspirasi tersendiri bagi orang-orang sekitarnya.
Menjadi anak pertama dari keluarga yang memiliki tingkat ekonomi rendah, membuat Alex harus banting tulang memperbaiki kondisi keluarganya. Sebelum serius terjun ke usaha ayam kampung supernya, Alex sempat bekerja di salah satu produsen rokok sebagai karyawan.
Namun gaji yang didapatkannya saat itu tergolong kecil. ”Bagaimana mau meningkatkan ekonomi keluarga, jika untuk diri sendiri saja sulit,” pikirnya kala itu.
Saat masih berstatus karyawan, sebenarnya Alex telah mencoba beternak ayam. Namun saat itu yang ia ternak adalah ayam hasil persilangan antara ayam kampung dan ayam bangkok. Kualitasnya di atas dari ayam kampung biasa.
Awalnya Alex mencoba beternak ayam sebanyak 33 ekor saja. Saat telah membuahkan hasil dengan menghasilkan anak sebanyak 200 ekor per bulannya, tiba-tiba saja hampir semua ayamnya terserang penyakit.
“Semuanya habis. Hanya satu yang tersisa,” kenang Alex mengisahkan kisah pilu pertamanya.
Mengalami kejadian seperti itu Alex bukannya berhenti. Namun justru semakin tertantang. Alex akhirnya mengambil keputusan penting. Ia keluar keluar dari tempatnya bekerja dan ingin fokus pada bisnis ayamnya.
Nah, saat keluar dari pekerjaannya sebagai karyawan inilah mentalnya benar-benar diuji. Bercita-cita menjadi pengusaha ayam membuatnya harus pula memiliki modal yang cukup. Banyak cara yang ia lakukan demi meraih kesuksesannya.
Alex mencoba kembali membeli beberapa ayam. Untuk menopang pakan ayam-ayamnya, Alex rela berjualan kanvas motor dan barang-barang campuran. Barang-barang yang ia jual diedarkan di wilayah sekitar Parepare.
“Jadi saya jual kanvas motor sambil bawa terigu, kopi, gula, permen. Semua saya jual ke Parepare, Sidrap, Barru, sampai Pinrang,” jelas Alex.
Dengan penuh kesabaran, masa-masa itu dilalui Alex. Sampai pada akhirnya ia mendirikan kandang yang mampu menampung sampai ribuan ayam.
Tapi semua ujian yang dihadapi Alex belum berakhir. Selain harus berjualan untuk menopang biaya usahanya, Alex mencoba mencari pinjaman di bank. Saat berhasil mendapatkan kredit, Alex mengisi kandangnya dengan ribuan ayam kampung.
Namun hasilnya lagi-lagi gagal. Semua ayamnya mati. Bahkan sampai tiga kali Alex menggantinya dengan bibit ayam baru dan semuanya gagal.
Mental Alex benar-benar sangat diuji. Sampai pada akhirnya di awal 2014 Alex mendapat informasi dari rekannya di Jawa bahwa ada ayam kampung yang bisa tumbuh dengan cepat. Ayam kampung super namanya. Dari informasi itulah Alex mulai mencoba lagi.
Karena pada saat itu bibit ayam kampung super masih sulit, terutama di Sulsel, Alex harus mendatangkan langsung dari Surabaya. Setelah memulai usaha dengan ayam kampung super, ternyata hasilnya cukup memuaskan.
“Ternyata hasilnya lumayan, karena di umur 45 hari sudah bisa panen,” jelas Alex.
Setelah lama berjalan dan usahanya sudah mulai sedikit berkembang, masalah kembali dihadapi Alex. Ia bersoal dengan tempat pembelian bibitnya di Surabaya terkait kualitas bibit yang dikirim. Saat itu pihak produsen bibit tidak mau bertanggung jawab, sehingga Alex dengan terpaksa harus menghentikan kerjasamanya.
Tak berselang lama, Alex mendapat penggantinya. Ia menjalin kerja sama dengan produsen bibit ayam kampung super di Sleman, Yogyakarta. Disitulah usaha Alex mulai berkembang pesat sampai pada saat ini.
Sekarang usaha Alex telah berhasil. Perjuangan yang dilaluinya tidak sia-sia. Semuanya berkat usaha, kerja keras, dan doanya selama ini.
Saat ini Mitra Jaya Farm tiap minggunya bisa mendistribusikan sekitar 300 ribu ekor anak ayam. Semuanya didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia. Ke depannya, Alex terus berencana mengembangkan usahanya lebih luas lagi. Ia ingin dalam beberapa tahun ke depan, usahanya telah bisa menghasilkan bibit sendiri.
Tak lupa Alex memberikan kiat-kiat bagi yang ingin memulai usaha. Baginya, seorang calon pengusaha itu harus bermental tangguh dan selalu mengandalkan dirinya, bukan orang lain. “Kalau satu atau dua kali gagal langsung menyerah, jangan harap bisa berhasil. Pengusaha itu mengandalkan diri sendiri. Jangan mengandalkan orang lain terus, karena kreativitas juga dibutuhkan,” tutup Alex. (*/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top