Politik

Asmanto: Takalar Harus Jadi Contoh Pilkada Damai

TAKALAR, BKM–Kepala Badan Kesatuan Bangsa (Kesbang) Sulsel, Asmanto Baso Lewa berharap agar penyelenggaraan Pilbup Takalar menjadi salah satu contoh yang terbaik di Indonesia. “Seperti yang selalu diharapkan Pak Gubernur, Pilkada Takalar harus jadi contoh penyelenggaraan pilkada yang aman dan sukses secara nasional, “kata Asmanto, Senin (6/2).
Dia melanjutkan, untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah maupun aparat keamanan terus bersinergi menjaga dan mengawal pelaksanaan pilkada Takalar agar sukses.
Berdasarkan hasil pemantauan Kesbang, kata Asmanto, belum ada persoalan yang bisa memicu keributan di daerah tersebut.
Menurut rencana, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang akan melakukan pemantauan untuk melihat kondisi terakhir di sana sebelum penyelenggaraan Pilbup.
Sebelumnya, Gubernur SYL melakukan pertemuan tertutup dengan Kapolda Sulselbar Irjen (Pol) Mutiono dan Pangdam VII Wirabuana, Mayjen Agus Surya Bakti membicarakan pengamanan Pilbup Takalar.
Sehari sebelumnya, salah satu tim pemenang pasangan calon yang menamakan diri Tim Aisyah, tepergok warga sedang membagikan sembako di Pa’lalakang Kecamatan Galesong, Minggu (5/2) sekitar pukul 20.00 Wita.
Mereka yang diamankan warga berjumlah lima orang yang sedang mengendarai kendaraan roda empat bernomor polisi DD 1066 BE. Dari informasi yang beredar di lokasi kejadian, yang ditangkap itu masih merupakan kerabat dekat salah satu pasangan calon.
Salah seorang anggota Panwas Galesong, Hasma mengatakan bahwa kasus ini akan diproses secepatnya dan selanjutnya akan diserahkan ke tim Penegakan Hukum Terpadu (GAKKUMDU) untuk ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.
Ketua DPW PKS, Mallarangan Tutu sangat menyesalkan peristiwa ini. Ia menilai cara-cara yang dilakukan adalah pola yang tidak mendidik dan bermartabat. ” Sampai kapan masyarakat disuguhkan cara-cara meraih simpati dengan dengan bagi-bagi sembako seperti ini ? Kasihan rakyat kalau selalu begini. Ini bentuk kepanikan. Dan ini Cara-cara yang sangat hina,”tegas Mallarangan. (rhm/rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top