Ada Ikut Pencalonan Meski tak Punya Pemilih – Berita Kota Makassar
Metro

Ada Ikut Pencalonan Meski tak Punya Pemilih

MAKASSAR, BKM–Jelangpemilihan serentak Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) yang akan dilaksanakan 26 Februari, Sejumlah persoalan masih saja muncul.

Seperti ada calon Ketua RT dan RW yang tetap ngotot maju bertarung meski tak punya pemilih. Hal itu terjadi di Kelurahan Bara-baraya, Kecamatan Makassar, lantaran warga di wilayah tersebut berpindah ke wilayah lain karena adanya sengketa lahan.
Hal sama juga terjadi di salah satu RT di Kelurahan Maluko, Kecamatan Ujung Pandang. Di RT tersebut hanya memiliki tujuh orang pemilih dari tujuh kepala keluarga. Itu juga dikarenakan adanya pembebasan lahan oleh pihak swasta (Hotel) sehingga warga terpaksa berpindah tempat lain.
Selain ada wilayah yang tak punya pemilih, ada juga wilayah seperti RT di Kecamatan Manggala yang kelebihan atau over pemilih yakni 250 KK. Padahal, idealnya dalam satu RT hanya 50 KK.
Kendala lainnya, masih adanya Kecamatan yang warganya tidak berminat mencalonkan diri sebagai Ketua RT/RW seperti di Kecamatan Wajo, Kecamatan Ujung Pandang dan Kecamatan Panakkukang. Masyarakat yang berada di tempat sentral bisnis tersebut lebih tertarik pada aktifitas bisnis daripada menjadi pelayanan publik.
Rentetan kendalanya tersebut diungkapkan oleh Kepala Subbagian BPM, Syafran diruang kerjanya, Senin ( 6/2).
Untuk menyikapi itu, tambah Syafran, ada beberapa opsi yang muncul seperti dilakukan penggabungan, peleburan RT/RW atau sekalian dihilangkan. Hanya saja, hal itu bisa dilakukan nanti setelah pemilihan. “Beberapa opsi yang muncul apakah nanti dilebur atau sekalian dihikangkan tapi sudahpi pemilihan,” jelasnya.
Untuk tahap verifikasi yang sementara berlangsung saat ini. Dirinya mengaku jika berjalan sesuai dengan prosedur dan aturan. ” Sementara berproses. verifikasi berjalan sesuai dengan aturan,” Akunya.
Di Kecamatan Ujung Tanah, tahap verifikasi pemilih telah selesai. dari hasil verikasi tersebut, total pemilik dengan jumlah RW sebanyak 35 dan RT sebanyak 143 yakni sebanyak 5.736 pemilih. Begitupun di Kecamatan Tallo terdata sebanyak 24.907 wajib pilih.
” Pemilih sebanyak 5.736 dengan jumlah RW 35 dan RT sebanyak 143,” Kata Camat Ujung Tanah, Andi Unru usai Musrembang di Grand Palace Hotel, kemarin.
Dia menjelaskan bahwa pihaknya akan menjalankan pemilihan sesuai dengan aturan yang berlaku. dia mengaku tidak memiliki kendala yang signifikan. ” Kita jakan sesuai dengan aturan dan tidak ada kendala yang signifikan,” tambahnya.
Begitupun di Kecamatan Mariso yang sementara proses verifikasi. Menurut Camat Mariso, Harun Rani bahwa sejauh ini pihaknya tidak memiliki kendala dalam mensukseskan pemilihan RT/RW tersebut. “Alhamdulillah, berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan,” kata Harun Rani saat hendak mengikuti rapat koordinasi khusus (Rakorsus).
Hanya saja, dia belum membeberkan jumlah pemilih diwilayahnya (RT 197 dan RW 47) lantaran pengumpulan atau penyerahan hasil verifikasi kepada pihaknya baru dilaksanakan besok. ” belumpa karna besok baru diserahkan,” lanjutnya.
Sekedar diketahui bahwa tahap verifikasi berakhir pada tanggal 6 sedangkan tanggal 7- 10 akan dilakukan penetapan wajib pilih.(arf-man)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top