Sulselbar

1.000 PNS Jalani Tes Urine

LUTIM, BKM — Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Luwu Timur telah menggelar tes urine kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Luwu Timur di Kantor Bupati, Senin (6/2).
Selain ASN, tes urine yang dilakukan secara tiba -tiba dan melibatkan pegawai honorer dan tenaga upah jasa. Ketua BNK Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengatakan, jumlah pengawai yang di tes urine ini telah melebihi target.
Menurutnya, target yang telah direncanakan oleh tim BNK hanya sekitar 500 orang saja. Namun peserta yang ikut dalam tes urine tersebut telah mencapai 1.000 orang peserta. “Karena maraknya peredaran narkoba sehingga kita melakukan tes urine,” ungkapnya.
Irwan mencurigai enam orang pegawainya yang terlibat penggunaan barang haram atau narkoba. Meski begitu, dirinya belum dapat membeberkan siapa sejumlah nama yang telah dicurigainya itu.
“Kita curigai ada enam orang, kita baru curigai ya, sore nanti (Senin red) baru kita ketahui hasilnya,” ungkap Irwan kepada awak media.
Ia menambahkan, pegawai yang telah dinyatakan positif menggunakan narkoba nantinya akan diberikan penindakan berupa rehabilitasi atau menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi mengkonsumsi barang haram tersebut.
“Kita lihat dari seberapa lama mereka menggunakan Narkoba. Kalau dia lama menggunakan, itu artinya kita akan berikan mereka tindakan berupa rehabilitasi. Jika dia baru menggunakan, maka diberikan surat pernyataan untuk tidak mengulangi,” ungkapnya.
Irwan mengancam tidak akan memberikan tunjangan kinerja kepada siapa saja pegawai yang tidak ikut melakukan tes urine.
Untuk itu, seluruh kepala SKPD diminta agar melakukan pendataan bagi siapa saja pegawai yang belum melakukan tes urine.
Sementara Koordinator medis tes urine, Safaruddin mengatakan, tes urine yang digunakan untuk mendeteksi pengguna narkoba atau obat obatan lainnya adalah tes multidrug.
“Alat tes multidrug ini memiliki enam jenis parameter yang masing – masing bekerja untuk mendeteksi jenis obat yang telah dikonsumsi,” ungkap Safaruddin yang ditemui disela – sela tes urine. (alp/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top