Underpass Terkendala Cuaca Ekstrim – Berita Kota Makassar
Metro

Underpass Terkendala Cuaca Ekstrim

MAKASSAR, BKM — Penggalian terowongan di proyek Underpass Simpang Lima yang ditarget berakhir Januari ternyata belum bisa selesai. Pelaksana pekerjaan tetap berusaha untuk menggenjot penggalian terowongan hingga tembus ke Kabupaten Maros.
Belum tuntasnya penggalian terowongan karena terkendala oleh cuaca ekstrem yang terjadi sepekan terakhir.
Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Metropolitan BBPJN XIII, Amin Hamid mengakui progress pengerjaan penggalian terowongan memang sedikit terhambat. Hujan deras akibat cuaca ekstrem disebutnya menyulitkan pekerja.
Menurutnya, posisi saat ini, terowongan yang sudah tergali sepanjang kurang lebih 60 meter. Total panjang yang akan digali sekitar 110 meter.
“Jadi masih ada sekitar 50 meter yang tersisa belum tergali, ” ungkapnya, Minggu (5/2).
Dia mengatakan, akibat cuaca buruk dan hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir, terowongan saat ini digenangi air. Untuk melanjutkan pekerjaan, terpaksa pekerja menunggu hingga lokasi kering terlebih dahulu.
Kendati menemukan sedikit kendala, pihaknya tetap optimis sisa penggalian akan rampung akhir bulan ini. “Pengujung Februari ini kami yakin sudah bisa tembus ke Maros. Proyek ini memang harus dipercepat sesuai arahan pak Gubernur,” bebernya.
Setelah tembus, kontraktor akan fokus pekerjaan dinding terowongan. Setelah lantai dan dinding rampung, baru masuk pekerjaan ornamen bercorak khas Bugis-Makassar. Bagian tengah di atas terowongan juga direncanakan ada kolam air mancur berdiameter 30 meter.
Tahun ini, proyek Underpass kembali mendapat kucuran dana sebesar Rp52 miliar. Tahun lalu, total anggaran untuk proyek multiyears ini sebesar Rp75 miliar. Berbeda dengan beberapa proyek infrastruktur lain, Underpass dari sisi anggaran tidak mengalami kendala.
Sebelumnya, Gubernur Syahrul Yasin Limpo di beberapa kesempatan meminta agar proyek ini dikebut. Dan diselesaikan tepat waktu. “Kita tidak ingin masyarakat berlama-lama menderita karena macet di kawasan Underpass itu,” tegasnya.(rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top