Headline

Hotel Kenari tak Terima Surat Teguran DLHK

MAKASSAR, BKM — Manajemen Hotel Kenari mengklaim hingga saat ini tak pernah menerima surat teguran dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Makassar. Selama ini, DLHK disebutkan hanya aktif melakukan sosialisasi terkait kewajiban pemilik usaha dan industri membangun instalasi pengolahan limbah (IPAL).
”Sampai sekarang kami belum mendapat surat dari dinas terkait. Apalagi surat teguran soal itu (IPAL). Coba nanti saya cek di kantor pusa,” kata Amaluddin, General Manager Kenari Hotel Tower, kemarin.
Ia menjelaskan, hotel yang berlokasi di Jalan Yosef Latumahina itu berstatus take over dari pemilik lama ke yang baru. Meski demikian, operasional hotel tak pernah vakum.
Soal IPAL hotel yang dikelolanya, Amaluddin berjanji akan menanyakannya ke kantor pusatnya di Jalan Latimojong. Termasuk ke DLHP.
”Semua sampel sudah diambil. Tidak ada juga surat teguran. Kalau untuk pembuangan air, saya kira sama semua. Dibuangnya di saluran drainase,” terangnya.
Diakui Amaluddin, di hotelnya telah dilakukan uji air dan yang lainnya. Semua tidak ada yang melebihi ambang batas. ”Kami punya instalasi sederahan. Mungkin dinas maunya yang sistematis. Nanti saya menghadap ke sana,” janjinya.
Sikap berbeda ditunjukkan pengelola gedung serbaguna Runtono di Jalan Jalan Gunung Bawakaraeng. Mereka enggan memberikan penjelasan terkait klain DLHP yang menuding tempat usahanya tak memiliki IPAL.
Seorang ibu-ibu yang tidak ingin menyebutkan namanya, cukup geram dengan tudingan tersebut. Hanya saja, dia tak bersedia memberi penjelasan. Dengan nada tinggi, wanita itu menyerahkan semua kepada pengacaranya.
”Hubungi saja pengacaraku. Tidak perlu saya yang jelaskan. Ini pasti pimpinan baru. Jadi sembarang lagi. Ada-ada saja kita dipersoalkan,” cetusnya.
Ia kemudian menyodorkan secarik kertas, yang di atasnya tertera nama Iskandar N dan nomor HPnya. BKM kemudian mencoba menghubungi pengacara gedung Runtono itu. Hanya saja tidak ada respons yang diberikan. Baik melalui sambungan telepon maupun WA yang dikirimkan ke nomornya. (jun/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top