BI Sulsel Distribusikan Uang Baru Rp112 M – Berita Kota Makassar
Bisnis

BI Sulsel Distribusikan Uang Baru Rp112 M

IST UANG BARU -- Seorang warga memperlihatkan dua pecahan uang emisi baru 2016 yang baru ditukarnya.

MAKASSAR, BKM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sulsel hingga kini telah mendistribusikan 11 pecahan uang baru NKRI sebesar Rp112 miliar. Uang baru ini telah dilaunching Presiden Joko Widodo pada 19 Desember 2016.
Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah KPw BI Provinsi Sulsel, Jundun Faisal, kepada BKM, kemarin, mengatakan, seluruh pecahan uang baru sudah dapat ditukarkan masyarakat.
”Jika ungin mendapatkan uang baru, untuk perbankan dapat dilakukan dengan cara melalui permintaan penarikan uang via surat yang dikirimkan ke Bank Indonesia. Sedangkan bagi masyarakat, untuk mendapatkan uang baru bisa didapatkan dengan cara melalui layanan penukaran umum di Bank Indonesia. Selain itu, bisa juga di Wisma BI setiap Kamis, atau lokasi pasar-pasar di Makassar setiap Selasa dan Rabu. Penukaran tersebut dibuka mulai pukul 08.00 hingga 12.00 Wita,” kata Jundun. Adapun pasar-pasar tujuan penukaran pada Februari ini adalah Pasar Antang pada 7 Februari, Pasar Pusat Niaga Daya (8 Februari), Pasar Pabaeng-baeng (14 Februari), Pasar Butung (15 Februari), Pasar Sambung Jawa (21 Februari), Pasar Hartaco (22 Februari), dan Pasar Terong (28 Februari).
Dikatakan, pelayanan uang baru kepada perbankan memang dibatasi. Hal tersebut dilakukan karena persediaan uang rupiah baru masih terbatas. ”Meski demikian, kembali ditegaskan bahwa uang lama yang beredar masih berlaku sepanjang belum ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia,” jelas Jundun.
Jundun menambahkan, keterbatasan tersebut juga karena persediaan uang rupiah baru di KPw BI Provinsi Sulsel bukan hanya diedarkan di Makassar. Penyebaran uang rupiah baru juga diperuntukkan kepada masyarakat yang ada disemua kabupaten dan kota di Provinsi Sulsel melalui layanan Kas Keliling Luar Kota.
Selain itu, KPw BI Provinsi Sulsel juga mendistribusikan ke KPw BI di wilayah koordinasi, yaitu KPw BI Provinsi NTT (Kupang), KPw BI Provinsi Maluku (Ambon), KPw BI Provinsi Sultra (Kendari), dan KPw BI Provinsi Sulbar (Mamuju).
”Jatah KPw BI Provinsi Sulsel untuk uang rupiah baru sendiri masih dalam penghitungan di kantor pusat BI. Namun sejauh ini, sudah ada sebanyak Rp112 miliar uang rupiah baru yang didistribusikan KPw BI Provinsi Sulsel di wilayah Sulsel,” katanya. (*mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top