PSDA Sidrap Pantau Saluran Irigasi – Berita Kota Makassar
Sulselbar

PSDA Sidrap Pantau Saluran Irigasi

BERSIHKAN -- PSDA Sidrap melakukan penyisiran dan pembersihan sampah-sampah di saluran-saluran irigasi untuk menghindari jebolnya tanggul, Selasa, (31/1).

SIDRAP, BKM — Tingginya intensitas curah hujan awal Februari ini, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Sidrap turun melakukan penyisiran saluran-saluran irigasi.
Penyisiran saluran itu guna menghindari tanggul jebol akibat tidak bisa menahan volume debit air akibat banjir.
Pada Selasa (31/1) di daerah irigasi teknis seperti DI Saddang, Bulu Cenrana dan Bila.
Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Operasi dan Pemeliharaan (O&P) pada Musim Tanam (MT) Okrober-Maret (Okmar).
Kondisi tanggul dan debit air yang mengalir ke lahan-lahan pertanian saat ini yang terus diawasi karena dikhawatirkan jebol.
“Operasi dan pemeliharaan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya tanggul yang jebol akibat curah hujan akhir-akhir ini sangat tinggi, serta tumpukan sampah yang ada di depan pintu-pintu irigasi,” ujar Kabid Pengelola Sumber Daya Air (SDA) Sidrap, Yusuf Thamrin, kemarin.
Selain itu, pihaknya melakukan mengecekan suplai air irigasi mulai dari bendung, saluran primer dan saluran sekunder ke petak-petak tersier apakah sudah sesuai dengan standard.
Menurutnya, operasi tersebut serentak dilakukan di tujuh UPTD PSDA Sidrap yang dilakukan oleh para pengamat, juru dan Penjaga Pitu Air (PPA). Dalam operasi itu, katanya petugas perlu menaati norma etika operasi jaringan irigasi, berdasarkan ketentuan Permen PU No12/PRT/M/2015 Tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top