PAN Makassar Genjot Muscab – Berita Kota Makassar
Politik

PAN Makassar Genjot Muscab

DEWAN Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Makassar bakal menggenjot pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) se kota Makassar sebagai bentuk persiapan menghadapi verifikasi faktual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai salah satu prasyarat partai menjadi peserta pemilu legislatif 2019 nanti.
Wakil Ketua Bidang Media dan Informasi Publik PAN Makassar, Syarifuddin menyatakan pihaknya telah menggenjot pelaksanaan Muscab sebagai bentuk persiapan verifikasi dari KPU untuk pemilu tahun 2019. “Kita sengaja lakukan percepatan, bulan ini 14 pengurus DPC akan kita rampungkan, setelah formatur ditetapkan kita berikan waktu 1 sampai 2 minggu untuk melakukan musyawarah mufakat,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (31/1).
Lebih lanjut dia menjelaskan, setiap calon ketua harus menandatagani pakta integritas untuk membuka jaringan baru, minimal 3 orang per-Kelurahaan dan akan dilakukan secara tersistematis hingga tingkat RT dan RW.
Saat ditanya terkait jadwal Muscab, terlebih dahulu pihaknya akan melakukan rapat dengan melibatkan semua pengurus DPC se-Kota Makassar. “Tapi jadwal Muscabnya kita akan tentukan pada rapat selanjutnya, karena ini juga masih pada tahapan proses verifikasi. Intinya kita target bulan Februari semua DPC rampung,” katanya.
Bahkan pendaftaran bakal calon ketua DPC PAN se- Kota Makassar secara resmi ditutup hari ini, Selasa (31/1). Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Musyawarah Cabang (Muscab), Muh Umar Kadir.
Dia mengatakan dari 14 DPC PAN semua telah menyerahkan nama-nama bakal calon ketua DPD PAN Makassar, Hamzah Hamid untuk melakukan verifikasi calon formatur. “Kita tinggal menunggu DPD untuk menetapkan nama-nama, tapi kan sebelumnya dilakukan verifikasi berkas, sebelum menetapkan nama-nama,” ucap Ketua bidang POK DPD PAN Makassar ini.
Umar menambahkan bahwa pemilihan akan dilakukan sesuai kebijakan partai melalui Mukernas (Musyawarah Kerja Nasional) PAN. DPD PAN Makassar akan menetapkan 4 formatur untuk melakukan musyawarah mufakat guna menyusun struktur partai berlambang matahari terbit ini.
Lebih lanjut dia menuturkan, jika ada DPC yang hanya memiliki 3 bakal calon, maka DPD PAN Makassar akan memiliki kewenangan untuk menambahkan satu formatur. “Tapi kalau tidak ada kesepakatan pada hasil musyawarah, maka DPD PAN akan mengambil alih untuk menunjuk langsung, seperti yang dilakukan DPW (PAN Sulsel),”pungkasnya. (ita/rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top