Mulai Galang Dana untuk Masjid CoI – Berita Kota Makassar
Metro

Mulai Galang Dana untuk Masjid CoI

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulsel berencana menggalang dana untuk percepatan pembangunan masjid berarsitektur unik di kawasan Centre Poin of Indonesia (CoI). Rencananya masjid tersebut akan dibangun dengan 99 kubah, sesuai dengan asmaul husnah.
Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Latief bahkan akan menyusun kepanitiaan. Dia sudah menginstruksikan SKPD terkait untuk mempersiapkan semuanya. Setelah itu, penggalangan dana akan dilakukan.
Untuk tahap awal, semua instansi termasuk kepala SKPD lingkup Pemprov Sulsel akan dimintai kerelaan hatinya membantu pembangunan masjid tersebut. Begitu juga dengan seluruh bupati/walikota di Sulsel. Panitia juga membuka pintu bagi masyarakat umum yang ingin memberi bantuan.
“Insha Allah Februari baru kita akan mulai jalan, ” kata Abdul Latief.
Dalam master desainnya, masjid ini akan dibangun dengan 99 kubah, mengikuti asmaul husnah. Bangunan dimensi masjid berukuran 72×45 meter. Konsep hablum minallah diwujudkan dengan satu menara setinggi 90 meter dan hamblum minannas diwujudkan dengan pelataran yang berfungsi sebagai publik space atau ruang berinteraksi antarsesama jamaah.
Latif menambahkan, desain Masjid 99 Kubah itu direvisi sehingga anggarannya dibawah Rp200 miliar.
Namun dia menegaskan, kendati direvisi, namun tidak menghilangkan fungsi-fungsi yang direncanakan pada masjid tersebut. Tahun ini diharapkan tahap pertama pembangunan sudah bisa dilaksanakan dan diperkirakan akan menggunakan anggaran sekitar Rp80 miliar.
Sumber dana untuk pembangunan masjid tersebut diharapkan berasal dari bantuan umat. Dana yang terkumpul nantinya akan dikelola yayasan yang akan dibentuk dalam waktu dekat.
Namun pemerintah tetap memberikan sokongan dana untuk penyelesaiannya. Pemprov melalui APBD akan melakukan pekerjaan struktur. Sementara dana APBD Kota Makassar untuk pekerjaan site development di luar bangunan utama.
Syahrul menargetkan masjid tersebut nantinya masuk dalam 30 masjid terunik di dunia, 10 terunik di Indonesia, dan pertama terunik di Sulsel.
Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo sudah melakukan melakukan ground breaking pada Maret lalu.
Sejak awal rencana pembangunan masjid ini, diharapkan kontribusi aktif dari seluruh masyarakat Sulsel agar bisa berdiri megah di kawasan CoI.(rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top