Metro

1.994 Imigran Gelap Cari Suaka di Makassar

MAKASSAR, BKM — Jumlah warga negara asing (WNA) di Sulawesi Selatan ternyata cukup banyak, data yang dihimpun dari Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham, tercatat ada 3.197 orang. 90 persen lebih berada di Kota Makassar.
Dari jumlah ini, terdapat 1.994 orang yang merupakan imigran gelap atau WNA yang mencari suaka. Mereka berasal didominasi dari negara Afganistan, Ethopia (Somalia) , Myanmar, Bangladesh dan Sudan.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel, Asmnato Baso Lewa mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan rapat koordinasi dengan imigrasi untuk membicarakan masalah imgran gelap ini.
Bahkan pihaknya telah meminta mereka untuk disatukan dan tidak tersebar di beberapa tempat. Alasannya, mereka sangat potensial menimbulkan masalah dengan lingkungan sekitarnya.
“Ada beberapa opsi, mulai dari memasang CCTV di asrama atau tempat penampungan mereka. Atau kita sediakan satu pulau yang akan dijadikan penampungan oleh penanggung jawab dalam hal ini UNHCR,” kata Asmanto di ruangan kerjanya.
Tak hanya imigran gelap, pemprov juga intens melakukan pengawasan terhadapa tenaga kerja asing yang ada di Sulsel. Tercatat ada 355 TKA yang bekerja di beberapa perusahaan yang ada.
“Sebagian besar mereka bekerja di sektor kontruksi dan bangunan 156 orang, perindustrian dan perdagangan 110 orang, jasa 28 orang, pendidikan dan pelatihan 22 orang dan sisanya sektor lainnya,” jelasnya.
Pemprov bersama imigrasi akan melakukan pengawasan terhadap penyalahgunaan visa masuk ke Sulsel. apalagi yang disalahgunakan untuk bekerja di perusahaan yang ada.
Adapun daerah yang dicurigai banyak TKA yang menyalahgunakan visa, menurut Asmanto di daerah Jeneponto dan perbatasan Pinrang-Parepare. “Kalau ada yang ditemukan seperti ini, kita minta dideportasi saja,” tegasnya. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top